Berita Anggota Parlemen

FPAN Sarankan Jamaah Umrah Indonesia Dititip ke Singapura, FGerindra: Memangnya Beli Kerupuk Dititip

Anggota Komisi VIII DPR RI yang membidangi soal haji dan umrah, Abdul Wachid mengaku tidak sependapat dengan isi pemikiran salahsatu Anggota DPR RI dari FPAN Achmad Hafisz Thohir yang menyarankan agar jamaah umrah Indonesia dititipkan ke negara tetangga seperti Singapura.

Wachid berargumen bahwa urusan umrah dan haji tidak sesederhana yang dipikirkan kaya membeli makanan. "Urusan haji dan umrah kok titip. Memangnya beli krupuk bisa titip," sindir eks Kapoksi Komisi VI dari F-Gerindra itu kepada wartawan, Kamis (04/02/2021).

Jika cara ini dilakukan, lanjut dia, yang ada akan timbul persoalan baru dan akan memberatkan para jamaah Indonesia disana nantinya.

"Ibadah haji tidak bisa nitip, karena menyangkut identitas Paspor dan lain-lain, warga negara. Nanti akan menjadi persoalan baru di negara Arab Saudi," tegas Ketua DPD partai Gerindra Jawa Tengah itu.

Sebelumnya, Anggota DPR RI dari fraksi PAN, Achmad Hafisz Thohir berpikiran agar para jamaah umrah Indonesia dititipkan ke Singapura. Pikiran tersebut muncul tatkala adanya larangan dari otoritas Arab Saudi kepada sejumlah negara termasuk Indonesia untuk tidak mengirimkan jamaah umrahnya tahun ini.

"Di titipkan ke Singapore atau Malaysia kali ya," kata Achmad Hafisz Thohir Wakil Ketua Komisi XI DPR RI itu.

Diposting 05-02-2021.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Abdul Wachid

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Tengah 2

Achmad Hafisz Tohir

Anggota DPR-RI 2019-2024
Sumatera Selatan 1