Komentari

Berita Anggota Parlemen

Mahfudz Siddiq Minta Kemenlu Tingkatkan Peran Diplomasi di Luar Negeri

sumber berita , 13-05-2013

Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq meminta Kementerian Luar Negeri meningkatkan peran diplomasinya, terutama di negara seperti Inggris, Australia, AS, serta negara-negara Barat. Hal ini untuk mengimbangi dan membendung kegiatan kampanye yang dilakukan kelompok separatis OPM (Organisasi Papua Merdeka), yang ingin memisahkan  diri dari NKRI.

"Komisi I DPR RI berharap, para diplomat kita terus meningkatkan peran diplomasinya untuk menghadapi kelompok separatis Papua Merdeka belakangan ini. Mereka sangat gencar melobi sejumlah negara untuk mencari dukungan bagi isu -isu HAM di Papua yang muaranya pada upaya kemerdekaan Pupua," ujar Mahfudz usai memimpin rapat internal di Komisi I, Senin (13/5).

Politisi PKS ini mengawatirkan, tuntutan peningkatan peran diplomasi RI di luar negeri, terutama dalam menghadapi isu Papua merdeka ini, justru menghadapi masalah di dalam negeri. Terutama, menyangkut dukungan anggaran untuk hal ini yang masih minim. Dalam kunjungan kerja ke beberapa KBRI di luar negeri selama masa reses lalu, Komisi I menerima keluhan dari para pejabat KBRI mengenai minimnya dukungan anggaran untuk kegiatan operasional peran diplomasi di luar negeri.

"Kondisi ini diperparah dengan adanya lagi pemotongan anggaran Kemenlu oleh Kemenkeu sebanyak 15 persen pada APBN 2013. Di mana, Kemenlu pada APBN 2013 ini hanya mendapat sekitar Rp 3,2 triliun," tuturnya.

Karena itu, Komisi I DPR RI berharap, Kemenkeu mempertimbangkan agar pada APBN-P 2013, khususnya untuk anggaran di Kemenlu ini tidak dilakukan pemotongan, agar tidak mengganggu peran diplomasi RI di luar negeri.

Diposting 14-05-2013.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Kamu mencari peraturan ?
157 ribu ++ peraturan
Temukan dalam 1 detik!

Dia dalam berita ini...

Mahfudz Siddiq

DPR-RI 2014
Jawa Barat VIII