Komentari

Berita Anggota Parlemen

DPR Harapkan Bandara yang Dikelola Kemenhub Tak Kalah Pelayanannya dengan AP

Komisi V DPR RI mengapresiasi pembangunan terminal baru Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai antisipasi lonjakan penumpang 10-15 persen/tahun. Kini bandara di Kalteng telah melayani sekitar 1 juta penumpang per tahunnya.

Ketua Tim Kunker Komisi V DPR Lasarus di sela-sela peninjauan ke lokasi bandara baru, Senin (31/10/2016) menyatakan Unit Pelayanan Teknis (UPT) pembangunan ini adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bukan BUMN.

" Ini gambaran bahwa ke depan beberapa bandara akan dikelola Kemenhub. Karena itu, pelayanannya diharapkan tidak kalah dengan Angkasa Pura (AP) sehingga Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) bisa lebih banyak," ujarnya.

Menurut Lasarus, akan sayang pemerintah yang membangun dengan biaya besar lalu swasta yang mengelola. Dia berharap, dengan dikelola oleh pemerintah secara profesional maka PNBP masuk tanpa ada potongan dan langsung masuk kas negara. Apalagi lanjut dia, PNBP dari Kemenhub cukup meningkat setiap tahunnya.

Tim Komisi V DPR melihat bangunannya cukup megah dan permanen, saat ini tengah dikerjakan apron dan 3 buah garbarata serta pengerjaan terminal parkir. Pada saat yang sama juga sedang dikerjakan rekontruksi landasan pacu/run way sebab selama ini bergelombang.

Diharapkan rekontruksi sepanjang 2.500 m yang menelan biaya Rp 150 miliar ini selesai tahun depan.Tim Kunker selengkapnya Lasarus dan Sudjadi ( F-PDIP), Agati Sulie Mahyudin (F-PG), Andi Iwan D.Aras dan Saiful Raayid (F-Gerindra), Willem Wandik (F-PD), Sungkono (F-PAN) dan Sigit Sosiantomo (F-PKS).

Diposting 02-11-2016.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Kamu mencari peraturan ?
157 ribu ++ peraturan
Temukan dalam 1 detik!

Mereka dalam berita ini...

Lasarus

DPR-RI 2014
Kalimantan Barat

Sudjadi

DPR-RI 2014
Jawa Tengah VI

Agati Sulie Mahyudin

DPR-RI 2014
Kalimantan Tengah

Andi Iwan Darmawan Aras

DPR-RI 2014
Sulawesi Selatan II

Syaiful Rasyid

DPR-RI 2014
Kalimantan Selatan I