Komentari

Berita Anggota Parlemen

DPR Terima Kunjungan Rombongan Majelis Syuro Arab Saudi

Detik News, 16 Feb 2017

DPR hari ini menerima kunjungan perwakilan Parlemen Arab Saudi. Kunjungan tersebut dinilai sebagai babak baru dalam sejarah hubungan dan kerja sama parlemen di antara kedua negara.

Rombongan Parlemen Arab Saudi dipimpin oleh Ketua Majelis Syuro (Parlemen) Syekh Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim al-Syeikh. Mereka disambut oleh Ketua DPR Setya Novanto serta dua Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto dan Fahri Hamzah.

"Kami ucapkan selamat atas terpilihnya kembali Yang Mulia untuk mengemban tugas dan amanah sebagai Ketua Majelis Kerajaan Arab Saudi," ungkap Novanto saat menyambut Syekh Abdullah di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Dalam kunjungan Majelis Syuro, Novanto juga menyampaikan apresiasinya atas kebijakan Raja Salman yang telah memulihkan kuota haji Indonesia. Dari yang hanya 211 ribu menjadi 221 ribu jemaah pada musim haji 2017.

"Bagi kami, Arab Saudi termasuk mitra penting di bidang ekonomi dan perdagangan, meskipun nilai perdagangan kedua negara mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir," kata Novanto.

Tak hanya itu, Ketum Partai Golkar ini pun menyambut baik rencana investasi Arab Saudi di Indonesia sebagai tindak lanjut kesepakatan kerja sama Jeddah pada September 2015. Novanto mendorong agar pengusaha Arab Saudi melakukan diversifikasi investasi di Indonesia, seperti di bidang pertanian dan infrastruktur maritim.

Dalam pertemuan. antarparlemen itu, DPR dan Majelis Syuro disebutnya membahas sejumlah hal. Termasuk persiapan kedatangan Raja Salman ke Indonesia pada awal Maret nanti.

Novanto juga menyinggung soal berbagai isu yang tengah menjadi sorotan. Sebagai sesama negara anggota OKI, Arab Saudi dan Indonesia disebutnya perlu meningkatkan kerja sama dalam menangani masalah-masalah keamanan internasional, seperti terorisme, yang masih menjadi ancaman di banyak negara.

"Masalah Palestina yang hingga kini belum terselesaikan sudah tentu juga perlu mendapat perhatian kita bersama. Kita berharap ada solusi damai yang bisa segera dicapai untuk mengatasi masalah Palestina," tutur Novanto.

Sementara itu, Syekh Abdullah juga menyampaikan rasa terima kasih atas penyambutan yang diberikan Indonesia untuk dia dan rombongan. Selain ke DPR, Majelis Syuro Arab Saudi juga diterima oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

"Alhamdulillah, sekarang kuota haji Indonesia kembali. Semula dikurangi karena ada renovasi Masjidil Haram dan tempat suci lainnya. Dibalikkan lagi, meski sempat ada (rencana) tak ditambah lagi," ujar Syekh Abdullah di lokasi yang sama.

Merenggangnya kerja sama ekonomi Indonesia dengan Arab Saudi, disebutnya, terjadi karena kurangnya kunjungan timbal balik antarnegara. Untuk itu, Syekh Abdullah menyebut kunjungan timbal balik perlu ditingkatkan.

"DPR akan mengirim dua delegasi ke Saudi guna membicarakan hal yang bisa meningkatkan kerja sama kedua negara. Insya Allah hubungan kedua negara bisa terus membaik. Kami undang DPR untuk kunjungan ke Majelis Syuro ke Saudi," ucapnya. 

Diposting 23 Mei 2017.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar. Silahkan Login/Register dulu sebagai user konstituen.

Kamu mencari peraturan ?
118 ribu ++ peraturan
Temukan dalam 1 detik!

Mereka dalam berita ini...

Setya Novanto

DPR-RI 2014
Nusa Tenggara Timur II

Agus Hermanto

DPR-RI 2014
Jawa Tengah I

Fahri Hamzah

DPR-RI 2014
Nusa Tenggara Barat