Komentari

Berita Anggota Parlemen

Kunjungi Islandia, DPR Desak Pemerintah Prioritaskan EBT

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mendesak pemerintah memprioritaskan energi baru dan terbarukan (EBT) khususnya Panas Bumi. Pasalnya, potensi energi panas bumi mencapai 30 Giga Watt namun baru lima persen saja energi panas bumi yang digarap yaitu sekitar 1700 MW.

"Pemerintah lambat laun harus meninggalkan fuel dan batubara dengan menguatkan energi baru dan terbarukan seperti gothermal (panas bumi), hidro dan arus laut, serta panel surya," papar Agus Hermanto di Islandia, Rabu (9/8/2017).

Menurut Agus, untuk panel surya diakuinya sangat dibutuhkan bagi masyarakat perbatasan dan juga yang minim akses infrastruktur.

Menyinggung riset Panas bumi, lanjut Agus, kedatangan delegasi untuk belajar dalam mengelola riset geothermal yang memiliki standar dunia. Karena itu kita juga pernah mengunjungi selandia baru dan sekarang mengunjungi Iceland Geothermal (ISOR) di Islandia.

"Memang kita belum punya riset geothermal karena itu kita akan bangun embrio pusat riset geothermal. Untuk ISOR sendiri merupakan pusat penelitian panas bumi yang cukup besar dulu dibawa pemerintah sekarang telah dikelola oleh pemerintah daerah setempat,"ujarnya.

Diposting 11 Agustus 2017.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar. Silahkan Login/Register dulu sebagai user konstituen.

Kamu mencari peraturan ?
123 ribu ++ peraturan
Temukan dalam 1 detik!

Dia dalam berita ini...

Agus Hermanto

DPR-RI 2014
Jawa Tengah I