Komentari

Berita Anggota Parlemen

Gagal Bikin Poros Baru di Jatim, Gerindra Akhirnya Dukung Gus Ipul

Partai Gerindra akhirnya mengakui tidak memungkinkan lagi membentuk poros baru dalam Pilkada Jawa Timur 2018.

Partai yang dikomandani Prabowo Subianto itu akhirnya memberi dukungan kepada Saifulah Yusuf (Gus Ipul) sebagai calon Gubernur Jawa Timur.

"Ya benar sesuai apa yang disampaikan Ketua DPD Gerindra Jatim, kami mendukung Gus Ipul di Pilgub Jatim," ujar Ketua DPP Gerindra, Nizar Zahro, di Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Keputusan mendukung Gus Ipul menurut Nizar, karena mengusung poros baru di luar Gus Ipul dan Khofifah Indar Parawansa, sudah tidak memungkinkan.

Sebelumnya, Gerindra bersama PKS dan PAN berencana membentuk proso baru di Pilgub Jatim.

"PKS lebih dulu merapat ke Gus Ipul, sedan PAN ke Khofifah. Gerindra akhirnya merapat ke Gus Ipul. Poros baru ini sudah nggak memungkinkan, akhirnya mengambil kesepakatan untuk berjalan masing-masing," katanya.

Konsekuensi dari keputusan tersebut, Nizar mengatakan partainya siap untuk memenangkan Gus Ipul di Pilgub Jawa Timur.

"Karena itu sebuah keputusan yang telah disampaikan, ya kita harus menerima dan mengamankan. Itu keputusan bulat. Siap otomatis untuk memenangkan di Pilgub Jatim," katanya.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga menyatakan bakal all out memenangkan Gus Ipul yang kini berpasangan dengan Puti Guntur Soekarnoputra.

Sekjen Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS, Mustafa Kemal, menyebut PKS sudah bersama Gus Ipul sejak sepuluh tahun lalu.

Waktu Gus Ipul pertama kali mengikuti Pilkada Jawa Timur, sebagai calon Wakil Gubernur Jatim mendampingi Soekarwo pada 2008 lalu, PKS sudah memberikan dukungan.

Pada Pilkada Jawa Timur 2013 lalu, PKS juga memberikan dukungan kepada pasangan tersebut untuk mempertahankan kekuasan mereka.

"Insya Allah kita sudah bersama dengan beliau selama sepuluh tahun sebagai wakil gubernur, kami berterima kasih atas prestasinya, kami bersyukur," ujarnya kepada wartawan usai acara penyerahan dukungan PKS kepada Gus Ipul, di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Rabu.

Keputusan PKS melabuhkan dukungannya kepada Gus Ipul diambil melalui usul dan saran ulama, kader PKS di Jawa Timur, serta Ketua Majelis Syuro Salim Segaf Al Jufri.

Dukungan PKS, menurutnya, tanpa syarat.

PKS menyerahkan Gus Ipul menentukan pendampingnya sendiri.

Ia memastikan PKS akan menggerakan mesin politiknya, terutama di Jawa Timur, untuk memenangkan Gus Ipul dan pasangannya.

Kader di tingkat provinsi, kota hingga desa, menurut Sekjen PKS, akan langsung digerakan oleh DPP untuk kemenangan Gus Ipul.

"Di Jawa Timur kami akan kerja keras. Saya perintahkan seluruh struktur di bawah bekerja secara militan, tidak tanggung-tanggung, dan all out (total) untuk memenangkan Gus Ipul dan pasangannya," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Gus Ipul menambahkan PKS sudah seperti keluarga. Jauh hari sebelum partai lain melabuhkan dukungannya, pimpinan PKS sudah mengajak bertemu untuk membahas persoalan provinsi.

Sudah tepat

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan, menyampaikan selamat atas penunjukan Puti Guntur Soekarno menjadi pendamping Gus Ipul.

"Selamat kepada Gus Ipul akhirnya mendapat pendamping yang tepat, cantik, muda, berwibawa dan mewakili trah Soekarno," kata Daniel di Jakarta, Rabu.

Daniel menyebut pasangan ini pas lantaran bergabungnya keturunan pendiri NU dan pendiri RI.

"Saling memperkuat elektabilitas," kata Daniel.

Menurutnya PKB mendukung sepenuh hati atas keputusan ini, sambil menunggu deklarasi oleh PDI Perjuangan.

Daniel juga yakin pasangan Gus Ipul-Puti bakal menang di Jawa Timur.

Keputusan memasangkan Puti dengan Gus Ipul tercantum dalam surat keputusan tertanggal 10 Desember 2018 yang ditandatangani Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

Diposting 11 Januari 2018.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar. Silahkan Login/Register dulu sebagai user konstituen.

Kamu mencari peraturan ?
140 ribu ++ peraturan
Temukan dalam 1 detik!

Mereka dalam berita ini...

Daniel Johan

DPR-RI 2014
Kalimantan Barat

Puti Guntur Soekarno

DPR-RI 2014
Jawa Barat X

Nizar Zahro

DPR-RI 2014
Jawa Timur XI