Komentari

Berita Anggota Parlemen

Soal Perppu Terorisme, Golkar: Yang Penting Negara Aman

RUU terkait:

Isu: Pembahasan RUU Anti Terorisme

Detik News, 16-05-2018

Fraksi Golkar mengaku tak keberatan jika akhirnya Presiden Joko Widodo memilih mengeluarkan Perppu Terorisme. Menurut mereka, yang terpenting adalah keamanan masyarakat.

"Yang penting buat Fraksi Golkar, mau undang-undang atau perppu tidak ada masalah. Yang penting negara tuh aman. Rakyat tidak panik dan merasa negara ada di situ. Dan kita mau menumpas itu teroris," kata Ketua F-Golkar Melchias Marcus Mekeng, Rabu (16/5/2018).

"Kami serahkan kepada presiden melihat kegentingannya seberapa genting. Kita ingin negara ini kembali tenang dan supaya perekonomian tidak terganggu dan politik juga stabil," imbuhnya.

Meski demikian, F-Golkar terus mendorong agar pembahasan revisi UU No 15/2003 tentang Tindak Pidana Terorisme itu cepat selesai. Menurut Mekeng, saat ini DPR tinggal menunggu kesepakatan dari pemerintah.

Jika pemerintah sudah sepakat, DPR siap mengesahkan RUU Terorisme itu menjadi undang-undang. Ia menepis isu yang menyebut adanya sejumlah fraksi di DPR yang tak setuju dengan RUU Terorisme itu.

"Pemerintahnya sendiri di antara mereka ini masih belum bulat. Di dalam situ kan pemerintah ada unsur TNI, polisi segala macam keterkaitan. Ini kalau mereka sudah sepakat, DPR nggak ada masalah tinggal ketok (sahkan) kok," ucap Mekeng.

Perdebatan soal Perppu Terorisme ini mencuat setelah Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta Jokowi menerbitkan perppu lantaran revisi UU Terorisme tak kunjung disahkan DPR. Jokowi menyatakan akan menerbitkan perppu jika hingga Juni mendatang DPR tak kunjung merampungkan pembahasan RUU Terorisme.

"DPR dan kementerian terkait yang berhubungan dengan revisi UU Tindak Pidana Terorisme, yang juga kita ajukan pada bulan Februari 2016 yang lalu, sudah dua tahun untuk segera diselesaikan secepat-cepatnya, Juni yang akan datang karena ini merupakan payung hukum yang penting bagi aparat Polri untuk bisa menindak tegas dalam pencegahan maupun dalam tindakan," kata Jokowi di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (14/5).

Diposting 16-05-2018.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Kamu mencari peraturan ?
157 ribu ++ peraturan
Temukan dalam 1 detik!

Dia dalam berita ini...

Melchias Markus Mekeng

DPR-RI 2014
Nusa Tenggara Timur I