Komentari

Berita Anggota Parlemen

Komisi X Terima Laporan Kesiapan Penyelenggaraan Asian Games 2018

sumber berita , 28-05-2018

Komisi X DPR RI menggelar rapat kerja dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Ketua INASGOC, serta Ketua Panpel INAPGOC beserta jajarannya, guna membahas persiapan acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 mendatang.

“Khusus kepada Kemenpora, akan dilanjutkan dengan rapat laporan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan BPK (IHPS) Semester II tahun 2017,  dan pelaksanaan daya serap Kuartal I APBN tahun anggaran 2018,” kata Ketua Komisi X DPR RI Djoko Udjianto saat memimpin jalannya raker di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (28/5/2018).

Dalam laporannya, Menpora Imam Nahrawi menyampaikan bahwa persiapan pelaksanaan pembukaan Asian Games dilakukan dengan sangat mendetil. “Yang terkait dengan promosi, setiap saat dilakukan kontrol oleh Presiden, dan sekarang sudah sangat masif hingga ke daerah, karena kekuatan koordinasi yang yang luar biasa dari TNI Polri yang menggerakkannya sampai ke daerah-daerah,” terang Menpora.

Lebih dari itu, partisipasi masyarakat untuk persiapan ini luar biasa. Dan Kemenpora juga mendorong tumbuh kembangnya partisipasi mandiri dari masyarakat, lanjutnya.

“Target pemerintah adalah peringkat 10 besar, dengan asumsi memperoleh 16 medali emas. Tambahan medali masih mempunyai peluang, tetapi kita masih menunggu entry by name, karena ada cabang olahraga non event yang bisa kita harapkan untuk mendapat medali baru agar tembus 7 besar,” paparnya.

Pemerintah terus berusaha sekuat tenaga agar bisa tembus peringkat 10 besar dalam Asian Games 2018. “Untuk peringkat 7 besar kita harus memperoleh 20 medali emas. Hasil try out cabang olahraga menunjukan hasil yang baik,” ujar Menpora.

Sementara itu, Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan bahwa Asian Games bukan sekedar event olahraga, tetapi mempunyai banyak hal, diantaranya menjadi ajang promosi Indonesia dimata dunia, termasuk di dalamnya promosi budaya. “Ada juga dampak ekonominya, seperti dari sektor pariwisata,” ucap Erick.

Erick menyatakan, dari 45 negara yang berencana ikut, tidak ada yang mundur. “Terlepas dari isu-isu yang kita alami sekarang, confirm 45 negara tidak akan mundur,” ujarnya.

Ia menjelaskan, rencana 15 ribu atlet dan official yang akan terlibat, hingga hari ini sudah terdaftar 14.537 atlet dan official. Untuk media telah confirm sejumlah 7 ribu media, yang terdiri dari 3900 wartawan. “Tentu dengan banyak media meliput ini juga merupakan value media yang luar biasa buat bangsa kita,” tutur Erick.

Erick memprediksi akan ada 5 miliar penonton dari seluruh dunia yang akan menyaksikan event Asian Games ini. “Kita juga sudah berkoordinasi dan dua kali rapat dengan Bappenas untuk segera menghitung dampak ekonomi penyelenggaraan Asian Games 2018. Tentu diharapkan setelah selesainya Asian Games, hasil-hasil daripada riset Bappenas bisa dipublikasi dengan baik,” ungkap Erick. 

Diposting 30-05-2018.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Kamu mencari peraturan ?
157 ribu ++ peraturan
Temukan dalam 1 detik!

Dia dalam berita ini...

Djoko Udjianto

DPR-RI 2014
Jawa Tengah III