Komentari

Berita Anggota Parlemen

Fadli Sindir Cagub yang Langsung Dukung Jokowi Usai Quick Count

Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menyebut sikap sejumlah cagub unggul dihitung cepat yang langsung menyatakan dukungan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 tak tepat. Dia menilai harusnya para cagub itu fokus menyatukan masyarakat untuk pembangunan di daerah.

"Sebagai politisi, menurut saya tidak tepat," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (29/6/2018). 

"Harusnya konsentrasinya adalah menyatukan dulu masyarakat yang ada di situ untuk pembangunan di daerahnya. Karena kan akan berbeda dengan kebutuhan untuk pilpres," sambungnya.

Dia pun menyebut nama cagub Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan cagub Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai contoh cagub unggul di quick count yang langsung mendukung Jokowi. Fadli juga menyatakan Ridwan Kamil belum tentu menang versi hitungan resmi KPU.

"Misalnya siapa sih, mau Bu Khofifah memangnya dipilih kan nggak juga oleh 100 persen rakyat Jatim, ya kan? Kalau Ridwan Kamil kan sekarang belum tentu dia yang menjadi gubernur kan. Kita tunggu saja hasil real count. Karena bedanya tipis. Jadi kalau kita lihat dia juga yang ada di Jabar itu hanya 30-an persen dipilih oleh 1/3," tuturnya. 

Selain itu, Fadli mengatakan suara para cagub yang unggul itu tidak mewakili suara rakyat di provinsi tersebut. Menurutnya, suara rakyat di daerah terpecah ke calon lainnya.

"Kalau pak Sudrajat menang pun kurang lebih 1/3 juga. Nah bagaimana nanti yang mendukung atau memilih Demiz. Atau memilih yang lain akan ke mana. Jadi nggak bisa diperbandingkan seolah-olah gubernur itu mewakili suara Jabar, suara Jateng, ya kan. Pak Ganjar misalnya terpilih apa mewakili rakyat Jateng? Kan cuma 57 persen atau 58 persen," ucap Fadli.

Sebelumnya, Khofifah yang merupakan cagub Jatim nomor urut 1 ini unggul di quick count sejumlah lembaga survei dan untuk sementara juga unggul di hasil hitung cepat KPU. Pada Pilpres 2014, Khofifah adalah jubir Jokowi. Setelah unggul di sejumlah quick count, Khofifah sempat ditanya akankah Khofifah kembali bersedia menjadi jubir Jokowi pada pilpres tahun depan? Khofifah menyatakan siap.

"Bu Khofifah, apakah Anda siap apabila kembali ditunjuk jadi jubir Pak Jokowi di Pilpres 2019," tanya Najwa Shihab dalam acara 'Mata Najwa' yang ditayangkan langsung Trans7, Rabu (27/6/2018).

"Siap," jawab Khofifah.

Ada pula cagub Jabar nomor urut 1, Ridwan Kamil. Di quick count sejumlah lembaga survei, Ridwan Kamil mengungguli tiga pesaingnya. Hasil hitung cepat sementara versi KPU juga memperlihatkan hal yang sama.

Setelah menang quick count, Ridwan Kamil menyatakan siap mendukung pencapresan Joko Widodo pada 2019. Pernyataan tersebut disampaikan Ridwan Kamil dalam salah satu program yang ditayangkan Kompas TV, yang dipandu Aiman Witjaksono, Rabu (27/6) lalu. Ridwan awalnya menjawab pertanyaan Aiman seputar isu dukungan cagub-cawagub Pilgub Jabar terhadap Jokowi untuk 2019. 

"Arahnya tentunya mendukung Pak Jokowi sesuai dengan aspirasi dari partai-partai yang menjadi pengusung saya dan Pak Uu," tegas dia.

Diposting 03-07-2018.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Kamu mencari peraturan ?
157 ribu ++ peraturan
Temukan dalam 1 detik!

Dia dalam berita ini...

Fadli Zon

DPR-RI 2014
Jawa Barat V