LKPD Kabupaten Sijunjung Tahun 2015

Auditttee:
Kab. Sijunjung
Tahun Diperiksa: 2015.
Hasil Pemeriksaan: Tahun 2016 Semester 1
Jenis Pemeriksaan: Pemeriksaan Laporan Keuangan (Opini: Wajar Dengan Pengecualian)
 
Laporan BPK

Alasan Opini Menurut BPK RI :

Sebagaimana diungkap dalam Catatan V .6.24 dan Lampiran VIII atas Laporan Keuangan, Pemerintah Kabupaten Sijunjung menyajikan nilai Aset Tetap Gedung Bangunan posisi tanggal 31 Desember 2015 sebesar Rp629,27 miliar. Dari nilai tersebut, diantaranya sebesar Rp89,05 miliar tidak dapat ditelusuri keberadaannya karena kurangnya informasi berupa alamat/Iokasi serta nama gedung bangunan yang dimaksud pada KIB C. BPK tidak dapat memperoleh bukti pemeriksaan Iain yang cukup dan tepat tentang keberadaan aset tetap tersebut, karena tidak tersedia data dan informasi pada satuan kerja terkait. Sebagai akibatnya, BPK tidak dapat menentukan apakah diperlukan penyesuaian terhadap angka tersebut di atas.

Sebagaimana diungkap dalam Catatan V.4.11.12 dan V.6.28 serta Lampiran VIII atas Laporan Keuangan, Pemerintah Kabupaten Sijunjung menyajikan Beban Penyusutan Aset Tetap dan Akumulasi Penyusutan Aset Tetap untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2015 masing-masing sebesar Rp76,05 miliar dan Rp904,00 miliar. Pemerintah Kabupaten Sijunjung telah memiliki kebijakan pencatatan, penyajian dan pengungkapan atas Aset Tetap, Beban Penyusutan, dan Akumulasi Penyusutan, namun perhitungan Beban Penyusutan dan Akumulasi Penyusutan Aset Tetap Gedung Bangunan masing-masing sebesar Rp0,88 miliar dan sebesar Rp3,60 miliar belum dilaksanakan secara memadai. BPK tidak dapat memperoleh bukti pemeriksaan yang cukup dan tepat tentang nilai tersebut, karena tidak tersedia data dan informasi pada satuan kerja terkait. Sebagai akibatnya, BPK tidak dapat menentukan apakah diperlukan penyesuaian terhadap angka tersebut di atas.

"Menurut opini BPK, kecuali untuk dampak hal yang dijelaskan dalam paragraf dasar opini wajar dengan pengecualian, laporan keuangan yang disebut di atas menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan Pemerintah Kabupaten Sijunjung tanggal 31 Desember 2015, dan realisasi anggaran, perubahan saldo anggaran lebih, operasional, arus kas, serta perubahan ekuitas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan."

Untuk anggota parlemen (DPR/DPD/DPRD) member JariUngu.com:

Peraturan Daerah


Jenis: Semua , Tahun: Semua (∑: 25)