LKPD Kabupaten Solok Tahun 2015

Auditttee:
Kab. Solok
Tahun Diperiksa: 2015.
Hasil Pemeriksaan: Tahun 2016 Semester 1
Jenis Pemeriksaan: Pemeriksaan Laporan Keuangan (Opini: Wajar Dengan Pengecualian)
 
Laporan BPK

Alasan Opini Menurut BPK RI :

Sebagaimana diungkap dalam Catatan Bab 5.2.1.3 atas Laporan Keuangan, Pemmerintah Kabupaten Solok menyajikan nilai aset tetap per 31 Desember 2015 sebesar Rp 1.175,90 miliar. pada TA 2015 Pemerintah Kabupaten Solokmelakukan pengembalian nilai aset tetap pada tujuh SKPD yang pada neraca per 31 Desember 2011,2012,2013 dan 2014 di sajikan berdasarkan hasil inventarisasi dan penilaian tahun 2011. Saldo Aset Tetap di kembalikan ke saldo per 31 Desember 2010 dan kemudian di lakukan penyusaian mutasi tambah dan mutasi kurang sampai dengan 31 desember 2014. hasil pengembalian nulai aset tetap tersebut tidak dapat diandalkan antara lain : a) Pengembalian nilai Aset Tetap belum memperhitungkan mutasi tambah sebesar Rp 16,78 miliar dan mutasi kurang sebesar Rp 24,66 miliar atas Aset Tetap Tanah, Peralatan dan Mesin, Gedung dan Bangunan dan Jalan Irigasi dan Jaringan b) Nilai Aset Tetap Tanah sebesar Rp 12.02 muliar dan Aset Tetap Peralatan dan Mesinsbesar 1,81 miliar pada sekolah masih di sajikanberdasarkan penilaian tahun 2011 ; c) sebanyak 64 persil Tanah, 10.388 item Aset Tetap peralatan dan mesin, 95 item aset Tetap dan Gedung Bangunan tiga Aset Tetap Jalan, Irigasi dan Jaringan dan 3.580 Item Aset Tetap lainnya di catat dengan nilai perolehan Rp 1,00 atau Rp 0,00 d) Aset Tetap Peralatan dan Mesin sebesar Rp 36,56 miliar dan Aset tetap lainnya sbesarnya Rp 6.71 miliar masih di catat secara gabungan: e) aset tetap gedung dan bangunan Rp 140,62 miliar dan aset tetap lainnya sebesar Rp12,23 miliar berpotensi di catat ganda pada pada kantor SKPD dan UPTD nya atau SKPD lain : f ) pengeluaran terkait aset tetap gedung dan bangunan sebesar Rp 12,21 miliar dan aset tetap dan jalan sebesar Rp 2,98 miliar antara lain berupa biaya rehabilitasi, perencanaan dan pengawasan di catat dan di susutkan sebagai aset sndri. Pengeluaran tersebut seharusnya menambah nilai perolehan aset tetap yang bersangkutan g) sebanyak enam persil tanah milik pemerintah kabupaten solok belumdapat di telusuri catatannya: h) sebanyak empat persil tanah milik pemerintah kabupaten solok belum di catat; i) nilai aste tetap jalan, irigasi dan jaringan belum memperhitungkan kapitalisasi atas belanja jasa konsultasi sebesar rp 4,68 miliar. BPK tidak dapat menentukan apakah di perlukan penyesuaian terhadap angka tersebut di atas.

 

sebagaimana di ungkap dalam catatan Bab 5.2.1.4 atas Laporan Keuangan pemerintah Kabupaten Solok menyajikan Aset lainnya per 31 Desember 2015 sebesar Rp18,05 miliar. Dan nilai tersebut, aset dalam kondii rusak berat sbesar rp 14,35 miliar tidak di dukung rincian dan di sajikan sebesar nilai perolehan. Saldo Aset lainnya per 31 Desember 2015 berbeda sebesar Rp 1,47 dengan jumlah aset lainnya pada seluruh SKPD. BPK tidak dapat memperoleh bukti pemeriksaan yang cukup dan tepat tentang nilai tersebut, karena tidak tersedia data dan informasi pada satuan kerja terkait. sebagai akibatnya BPK tidak dapat menentukan apakah di perlukan penyesuaian terhadap angka tersebutdi atas.

 

sebagaimana diungkap dalam catatan bab 5.2.1.3.7 dan 5.4.2.1.8 atas laporan keuangan, pemerintah kabupaten solok menghitung penyusutan dengan aplikasi SIMDA BMD yang menggunakan pendekatan bulan penggunaan. perhitungan tersebut tidak sesuai dengan kebijakan akuntansi pemerintah kabupaten solok yang mengatur perhitungan beban penyusutan sesuai kebijakan akuntansi karena belum dapat menyajikan rincian saldo aset tetap dalam neraca per 31 desember 2015. BPK tidak dapat memperoleh bukti pemeriksaan yang cukup dan tetap tentang nilai tersebut, karena tidak tersedia data dan informasi pada satuan kerja terkait. sebagai akibatnya, BPK tidak dapat melakukan penyesuaian terhadap angka tersebut di atas.

 

" Menurut opini BPK, Kecuali untuk dampak hal yang di jelaskan dalam paragraf dasar opini wajar dengan pengecualian, laporan keuangan yang di sebut di atas menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan pemerintah kabupaten solok tanggal 31 Desember 2015, dan realisasi anggaran, perubahan saldo anggaran lebih, operasional, arus kas, serta perubahan ekuitas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan.

 

Untuk anggota parlemen (DPR/DPD/DPRD) member JariUngu.com:

Peraturan Daerah


Jenis: Semua , Tahun: Semua (∑: 17)