LKPD Kabupaten Tolitoli Tahun 2015

Auditttee:
Kab. Toli-Toli
Tahun Diperiksa: 2015.
Hasil Pemeriksaan: Tahun 2016 Semester 1
Jenis Pemeriksaan: Pemeriksaan Laporan Keuangan (Opini: Wajar Dengan Pengecualian)
 
Laporan BPK

Alasan opini menurut BPK RI:

Sebagaimana diungkapkan dalam Catatan 6.1.1.1.16 atas Laporan Keuangan, Aset Tetap pada Neraca per 31 Desember 2015 dan 2014 disajikan masing-masing dengan nilai perolehan sebesar Rp2.644,06 miliar dan Rp2.436,09 miliar. Akumulasi penyusutan Aset Tetap tahun 2015 sebesar Rp1.107,85 miliar, sehingga nilai buku Aset Tetap per 31 Desember 2015 sebesar Rp1.536,21 miliar. Dari nilai tersebut, masih terdapat beberapa permasalahan terkait Aset Tetap yaitu: (1) Aset Tetap Tanah yang tidak diketahui lokasi, tahun pengadaan dan luasnya, serta Aset Tetap Tanah atas nama Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dengan nilai perolehan sebesar Rp33,46 miliar; dan Tanah di bawah Jalan, Irigasi, dan Jaringan belum diinventarisasi; (2) Aset Tetap Mesin dan Peralatan berupa kendaraan bermotor tidak diketahui keberadaannya dan tidak dilengkapi dengan identitas kendaraan yang jelas, dibawa oleh pensiunan dan dikuasai oleh pihak lain serta dobel catat dengan nilai perolehan Rp4,22 miliar; (3) Aset Tetap Gedung dan Bangunan belum lengkap identitas dan belum jelas keberadaannya dengan nilai perolehan sebesar Rp5,53 miliar; Bangunan ruang kelas baru yang belum diyakini nilai  asetnya per 31 Desember 2015 dengan nilai perolehan sebesar Rp5,22 miliar; serta rehab berat pada gedung dan bangunan belum dilakukan proses penghapusan atas bangunan lamanya dengan nilai perolehan sebesar Rp6,89 miliar; (4) Penyajian nilai Aset Tetap Jalan dan jembatan tidak sesuai dengan bukti sebenarnya dengan nilai perolehan sebesar Rp16,73 miliar; dan identitas Aset Tetap Irigasi dan Jaringan tidak jelas dengan nilai perolehan sebesar Rp20,98 miliar. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Tolitoli belum dapat mengkapitalisasi rehab aset kedalam aset induknya, sehingga nilai akumulasi penyusutan tidak mencerminkan kondisi yang senyatanya.

Sebagaimana diungkapkan dalam Catatan 6.1.1.1.14 atas Laporan Keuangan, Pemerintah Kabupaten Tolitoli menyajikan nilai Investasi Permanen pada Neraca per 31 Desember 2015 sebesar Rp37,09 miliar. Nilai tersebut belum termasuk nilai penyertaan pada PD Tolitoli.  Neraca PD Tolitoli per 31 Desember 2015 mencatat nilai penyertaan Pemerintah Kabupaten Tolitoli sebesar Rp543,14 juta, namun laporan keuangan PD Tolitoli belum dapat diandalkan karena belum pernah diaudit oleh auditor independen. Pemerintah Kabupaten Tolitoli telah memiliki kebijakan pencatatan, penyajian dan pengungkapan Aset Tetap dan Investasi Jangka Panjang, namun belum dilaksanakan secara memadai.
 
BPK tidak dapat memperoleh bukti pemeriksaan yang cukup dan tepat tentang nilai tersebut karena tidak tersedia data dan informasi pada DPKAD dan SKPD terkait. Sebagai akibatnya BPK tidak dapat menentukan apakah diperlukan penyesuaian terhadap angka tersebut di atas. 

"Menurut opini BPK, kecuali untuk dampak hal yang dijelaskan dalam paragraf dasar opini wajar dengan pengecualian, laporan keuangan yang disebut di atas menyajikan secara wajar, dalam semua hal yang material, posisi keuangan Pemerintah Kabupaten Tolitoli tanggal 31 Desember 2015, dan realisasi anggaran, perubahan saldo anggaran lebih, operasional, arus kas serta perubahan ekuitas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan."

Untuk anggota parlemen (DPR/DPD/DPRD) member JariUngu.com:

Peraturan Daerah


Jenis: Semua , Tahun: Semua (∑: 84)