Komentari
Berita Anggota Parlemen

Ketua DPR Dukung Proses Hukum Perusuh 22 Mei Dilakukan Transparan

Detik News, 24-05-2019

Ketua DPR Bambang Soesatyo bersyukur karena kerusuhan di Jakarta sudah mereda. Dia mendorong aparat penegak hukum mengusut tuntas perusuh 21 dan 22 Mei 2019. Proses hukum disarankannya dijalankan transparan supaya bermanfaat bagi publik.

"Jangan berikan ruang bagi para perusuh yang telah merusak aksi demonstrasi yang semula berjalan dengan damai. Proses hukum sesuai ketentuan yang berlaku secara transparan, agar masyarakat menyadari bahwa semua ada aturan mainnya. Bagi yang melanggar aturan harus berhadapan dengan hukum," kata Bamsoet, sapaan politikus Partai Golkar itu, sebagaimana yang disampaikan lewat keterangan pers tertulisnya, Jumat (24/5/2019).

Dia prihatin dengan aksi kekerasan pada 21 dan 22 Mei itu karena menimbulkan korban jiwa. Ada 8 orang meninggal dunia dan puluhan orang luka-luka, baik dari sisi demonstran maupun aparat polisi dan TNI. Dia berbela sungkawa terhadap mereka semua dan mengajak untuk menyudahi aksi rusuh.

"Mari sudahi penggunaan kekerasan dalam berdemonstrasi. Selain tidak ada gunanya, juga malah merugikan diri sendiri dan lingkungan sekitar," kata Bamsoet.

Dia memahami, aksi 21 dan 22 Mei 2019 sejatinya berlangsung damai. Namun, perusuh memperburuk keadaan. Dia mengapresiasi massa damai di aksi yang digelar di depan Kantor Bawaslu Jalan MH Thamrin tersebut. Bamsoet berharap tak ada lagi aksi massa turun ke jalan, soalnya massa di jalan rawan terprovokasi.

"Alhamdulillah kondisi hari ini sudah berangsur tenang dan kondusif. Mudah-mudahan ketenangan ini terus berjalan. Mari kita akhiri konflik yang ada. Sudah saatnya kita kembali bergandengan tangan dan merekatkan kembali persaudaraan serta persatuan bangsa yang sempat terkoyak," pungkas Bamsoet.

Diposting 24-05-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Bambang Soesatyo

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Tengah VII