Berita Anggota Parlemen

Caleg Perempuan Terpilih Harus Buktikan Kemampuan di Senayan

Caleg perempuan sebenarnya tidak kalah dengan caleg laki-laki dalam meraup suara pada Pemilu 2019. Banyak caleg perempuan yang lolos ke Senayan. Namun, mereka harus membuktikan kemampuan kepada masyarakat yang sudah memilih.

Caleg PKB Nihayatul Wafiroh menyatakan harus bersaing sangat ketat dengan caleg lain di daerah pemilih (dapil) Jatim III yang meliputi Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso. “Kompetisinya ketat, baik internal maupun eksternal,” ucapnya kemarin (9/6).

Namun, Nihayatul mengaku diuntungkan sebagai caleg incumbent sehingga banyak orang yang sudah mengenalnya. Walaupun demikian, lanjut dia, persaingan tetap berat. Dia tetap harus bekerja keras: rajin turun ke bawah dan datang ke rumah-rumah warga. Jadi, sekalipun petahana, Ninik (sapaan akrab Nihayatul) harus tetap giat menyapa masyarakat. Dengan kerja keras yang dilakukan, dia bersyukur akhirnya berhasil lolos lagi ke DPR RI. Bahkan, dia berhasil meraih suara terbanyak di dapilnya, yaitu 112.023 suara.

Indah Kurnia, caleg PDI Perjuangan (PDIP) dari dapil Jatim I, mengatakan, menjadi caleg tidak mudah. Butuh kerja keras. Persaingannya sangat berat. Namun, dia mempunyai modal sosial besar karena sejak kecil tumbuh di Surabaya. “Saya kampanye sepanjang hidup saya di Surabaya,” ucapnya.

Namun, persaingan meraih kursi DPR tetap berat. Namun, dia akhirnya lolos ke Senayan dengan raihan 56 ribu suara.

Terkait persaingan antara caleg perempuan dan laki-laki, Indah menjelaskan, pemilih di dapilnya sangat rasional. Mereka tidak membeda-bedakan antara caleg perempuan dan laki-laki. Mereka melihat sosok caleg.

Indah menuturkan, caleg perempuan yang lolos harus membuktikan bahwa mereka mampu mengemban amanah rakyat. Mereka harus betul-betul memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Diposting 12-06-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Indah Kurniawati

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Timur 1

Nihayatul Wafiroh

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Timur 3