Komentari
Berita Anggota Parlemen

OJK Harus Segera Carikan Investor Untuk AJB Bumiputera

sumber berita , 24-06-2019

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Thohir mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar segera mencarikan investor baru bagi Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. Ia menyatakan, tidak mungkin ada perusahaan yang sedang dalam posisi kesulitan, tetap dipaksa untuk berjalan tanpa adanya dana segar.

Hal ini ia sampaikan ketika memimpin rapat antara tim Kunjungan Kerja Spesifik dengan jajaran OJK dan direksi AJB Bumiputer di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (20/6/2019). AJB Bumiputera memang saat ini diketahui tengah mengalami permasalahan solvabilitas keuangan, sehingga harus dilakukan upaya untuk memulihkan asuransi tertua di Indonesia tersebut.

“Asuransi ini sudah mengalami problem keuangan solvabilitas, dimana ketanggungannya melebihi daripada kemampuan ia membayar. Maka dari itu, dia sedang dalam penyehatan pengawasan oleh OJK. Beberapa direksi sudah mulai diganti guna untuk membuat kinerja dari bumiputera ini lebih cepat dalam mengatasi persoalan keuangan,” ujar Hafisz.

Informasi terakhir, menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, sudah ada beberapa investor dari beberapa perusahaan besar nasional yang berminat menginvestasikan modalnya di AJB Bumiputera, namun nihil informasi lanjutan. Ia menjelaskan bahwa negara memiliki tanggung jawab secara spiritual karena perusahaan ini memiliki sejarah yang panjang.

“Ada 6,7 juta nasabah yang harus kita selamatkan. Maka dari itu kami dari Komisi XI ingin mengetahui perkembangannya sampai sejauh mana sejak dia ditangani oleh OJK dalam rangka penyehatan tersebut, bagaimana kelanjutannya ke depan,” imbuh politisi dapil Sumatera Selatan I tersebut.

Selain pencarian investor, Hafisz juga mendorong OJK terus menyiapkan program penyehatan yang komprehensif agar perusahaan BUMN tersebut kembali dalam kondisi stabil. “OJK wajib terus menyiapkan perangkat-perangkat agar AJB Bumiputera bisa segera melanjutkan penjualan produk yang baik seperti yang dipaparkan ini,” tukasnya.

Dalam Kunspek ini, turut hadir beberapa Anggota Komisi XI DPR RI seperti Amir Uskara (F-PPP/Sulawesi Selatan I), Elviana (F-PPP/Jambi), Anarulita Muchtar (F-NasDem/Bengkulu), Junaidi Auly (F-PKS/Lampung II), Tutik Kusuma Wardhani (F-PD/Bali), dan M. Sarmuji (F-Golkar/Jawa Timur VI).

Diposting 25-06-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Achmad Hafisz Tohir

Anggota DPR-RI 2014
Sumatera Selatan I

M. Amir Uskara

Anggota DPR-RI 2014
Sulawesi Selatan I

Tutik Kusuma Wardhani

Anggota DPR-RI 2014
Bali

Anarulita Muchtar

Anggota DPR-RI 2014
Bengkulu

M. Sarmuji

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Timur VI