Komentari
Berita Anggota Parlemen

Jokowi Wayangan 'Kresno Jumeneng Ratu', Apa Pesannya?

Menyambut HUT RI ke-74, Istana Kepresiden menyelenggarakan pagelaran wayang kulit bertajuk 'Kresno Jumeneng Ratu'. PDI Perjuangan mengatakan pertunjukkan wayang kulit tersebut memiliki pesan tersirat mengenai pembangunan Indonesia.

"Menurutku pesannya mari melakukan pembangunan di bawah kepemimpinan Pak Jokowi sebagai orang yang memelihara kehidupan. Jadi ajakan untuk membawa kemajuan. Ini menurutku yang sederhana ya," kata politikus PDIP Eva Kusuma Sundari kepada wartawan, Kamis (1/8/2019).

Menurut Eva, pesan ini merujuk kepada sifat Dewa Kresna atau Krisna yang disebut-sebut merupakan titisan Dewa Wisnu. Kresna dikatakan merupakan dewa pemelihara dan kerap dikenal sebagai sosok pemimpin yang bijaksana.

"Krisna itu titisan Dewa Wisnu. Nah, Dewa Wisnu di dalam perwayangan kan dewa yang memelihara. Dan ketika menjadi raja maka dia memelihara kehidupan. Banyak membangun, tidak mau kerusakan," sebutnya.

"Jadi menurutku maksud tersiratnya bahwa presiden ya yang mau jumeneng ini, yang mau jadi presiden ingin melakukan pembangunan seperti Dewa Wisnu atau Krisna," lanjut Eva.

Selain itu, Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno punya penafsiran lain. Ia mengatakan gelaran wayang kulit ini sekaligus untuk mengingatkan tentang budaya nusantara.

"Pesannya saya kira supaya kita berkepribadian dalam kebudayaan, menghargai budaya nusantara, dan tidak hanyut dalam budaya impor," kata Hendrawan.

Menurut agenda resmi, hari ini, Jumat (2/8), Istana Kepresidenan akan menggelar acara wayang kulit di halaman Istana Merdeka, Jakarta pada pukul 19.30 WIB. Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebutkan bakal hadir untuk menyaksikan acara secara langsung.

Dalang dalam pagelaran wayang kulit 'Kresna Jumeneng Ratu' ini adalah Ki Manteb Sudarsono. Selain itu, acara akan dimeriahkan oleh Didi Kempot, Butet Kertaradjasa, hingga Cak Lontong.

Diposting 02-08-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Hendrawan Supratikno

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Tengah X

Eva Kusuma Sundari

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Timur VI