Komentari
Berita Anggota Parlemen

Pansus: Anies Ambil Hikmah Saja, Kan Tampak Lebih Hebat Tanpa Wagub

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta Pansus Pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) segera menyelesaikan tugas agar tidak tercatat sebagai pansus gagal. Wakil Ketua Pansus Wagub DKI Bestari Barus meminta Anies memetik hikmah selama menjadi 'jomblo' selama setahun belakangan ini.

"Kalaupun dianggap gagal itu kan penilaian sepihak Pak Gubernur. Ambil hikmahnya saja, Pak Gubernur kan bisa terlihat lebih hebat lagi, bisa mengatasi masalah Jakarta walaupun wagub pengganti belum ada," kata Bestari kepada wartawan, Minggu (11/8/2019).

Menurutnya, Anies bisa menjadikan momentum ini untuk mengaktualisasikan diri sebagai gubernur yang 'siap dengan segala cuaca'. Bestari pun menyebut soal penilaian gagal atau tidaknya Pansus Wagub DKI merupakan subjektivitas Anies semata.

"Justru ini kesempatan bagi Pak Gubernur untuk membuktikan diri bahwa beliau itu adalah gubernur yang 'siap dengan segala cuaca'," ujarnya.

Bestari pun menjelaskan bahwa kerja Pansus Wagub DKI kini sudah selesai. Pansus, menurut dia, sudah menyelesaikan tata tertib (tatib) pemilihan Wagub DKI.

Selanjutnya, tatib diselaraskan lewat rapat pimpinan gabungan (rapimgab) sebelum disahkan dalam paripurna. Namun, rapimgab yang semula dijadwalkan pada pertengahan Juli gagal terlaksana karena tidak memenuhi kuorum.

"Pansus sudah selesai. Tapi mekanisme mengatur bahwa harus terlebih dahulu dibawa ke rapimgab. Jadi masih menunggu rapimgab sebelum ke paripurna pengesahan tatib," ucap Bestari.

"Seharusnya pada tanggal pertengahan bulan Juli sudah rapimgab dan lanjut ke paripurna pengesahan tatib. Sampai sekarang belum ada jadwal rapimgabnya," imbuh dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta Pansus Wagub DKI segera menyelesaikan tugasnya. Anies mengingatkan, jangan sampai Pansus Wagub DKI tercatat dalam sejarah sebagai pansus yang gagal.

"Nah, pansus (pemilihan wakil gubernur) sudah bekerja berbulan-bulan. Kita harap pansus segera menunaikan. Jangan sampai nanti pansus tercatat dalam sejarah sebagai pansus yang gagal menyelesaikan tugasnya, karena anggota Dewan yang lain tentu menunggu dari pansus," ucap Anies kepada wartawan di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (11/8).

Diposting 13-08-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Bestari Barus

Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta 2014