Berita Anggota Parlemen

Gubernur Bali I Wayan Koster Turut Menyaksikan Tutup Kongres, PDIP Kurban 30 Ekor Kambing

Rangkaian acara Kongres V PDIP terus berlanjut. Setelah kongres ditutup kemarin, hari ini, Minggu (11/8), PDIP menyerahkan 30 ekor kambing untuk kurban bagi umat Islam di Bali.

Penyerahan dilakukan usai salat Idul Adha di Masjid Al-Ihsan, yang lokasinya tak jauh dari arena kongres di Grand Inna Bali Beach Hotel, Sanur, Denpasar, Bali.  Peserta shalat Idul Adha yang hadir diperkirakan berjumlah lebih dari 1.000 orang terdiri dari peserta Kongres V PDIP, umat Islam sekitar Denpasar serta unsur MUI, NU, dan Muhammadiyah Bali.

Bertindak sebagai imam dan khatib adalah KH Maimun Noer (Khotib Syuriah NU Provinsi Bali). Khutbahnya bertema "Merajut Kebersamaan dalam Keberagaman untuk Menjadi Ihsan Muttaqin".

Seremoni penyerahan hewan kurban diberikan oleh sejumlah pengurus DPP PDIP seperti Djarot Saiful Hidajat, Hamka Haq, Nusirwan Soejoni dan Ahmad Basarah. Hadir juga Ketua DPD PDIP Bali yang juga Gubernur Bali, I Wayan Koster. Selama shalat berlangsung, I Wayan menunggu di luar masjid.

"Atas nama DPP PDI Perjuangan dan Ibu Ketua Umum kami menyerahkan kambing untuk kurban," ujar Hamka Haq kepada panitia usai sholat Ied, Minggu (11/8).

Pihak yang menerima adalah para perwakilan dari ormas Islam yang ada di Bali seperti MUI, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Sebelum prosesi penyerahan hewan kurban, Djarot juga memberikan bantuan dana kepada sejumlah pihak. "Sekaligus menyerahkan 30 ekor kambing. Yang diserahkan secara simbolis ada 5 ekor," jelas Djarot.

Terkait hal ini, Ketua DPP PDIP Ahmad  Basarah mengatakan, penyerahan hewan kurban di Bali ini antara lain dilakukan karena ingin mengajarkan toleransi antar umat beragama kepada kaderny. "Itulah yang menunjukkan nilai Bhinneka Tunggal Ika," tandas Basarah.

Diposting 14-08-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Hamka Haq

Caleg DPR-RI 2019-2024
Jawa Timur 2

Nusyirwan Soejono

Caleg DPR-RI 2019-2024
Jawa Tengah 6

Djarot Saiful Hidayat

Anggota DPR-RI 2019-2024
Sumatera Utara 3

Ahmad Basarah

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Timur 5