Berita Anggota Parlemen

PAN Usul Pimpinan MPR 10, OSO: 100 Juga Boleh Asal Semua Setuju

PAN melemparkan usul agar pimpinan MPR menjadi 10 orang untuk meredakan ribut-ribut soal perebutan 'kursi panas' tersebut. Hanura mengaku tak masalah.

"Pimpinan MPR jadi 10 ya. Aduh, saya nanti kan sudah nggak jadi pimpinan MPR lagi. Jadi ya mau jadi 100 juga boleh, asal semua setuju," kata Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/8/2019). 

Kendati demikian, OSO mengingatkan agar keputusan itu tidak melanggar UU. Untuk diketahui, saat ini komposisi pimpinan MPR terdiri dari 1 ketua didampingi 7 wakil ketua. 

Namun, setelah Pemilu 2019 atau MPR periode 2019-2024, komposisi pimpinan MPR akan kembali ke 1 ketua dan 4 wakil ketua. Hal itu sebagaimana tercantum dalam Pasal 427C UU MD3.

"Tapi kita jangan melanggar UU. Jadi harus kita lihat UU itu berapa jumlah yang diakomodir dalam UU. Jadi jangan keputusan dulu baru UU. Jadi selesaikan dulu UU-nya. Jadi kalau UU sudah disetujui baru diakomodasi oleh pelaksana, MPR," tuturnya. 

Selain itu, OSO khawatir usul 10 pimpinan MPR itu diartikan sebagai bagi-bagi jatah di parlemen. Mengingat kesembilan fraksi akan mendapat kursi pimpinan. 

"Gini, kalau menampung itu kan artinya sudah bagi-bagi jatah. Kalau bagi-bagi jatah itu saya nggak tahu ya, gimana ya, tanyakan kepada rakyat deh. Jadi ya begitu lah," ujar OSO. 

Sebelumnya, PAN melemparkan usul agar pimpinan MPR menjadi 10 orang untuk meredakan ribut-ribut soal perebutan 'kursi panas' tersebut. Hal ini menyusul pernyataan PDIP yang membuka peluang membuat paket pimpinan MPR bersama eks partai koalisi Prabowo Subianto dengan syarat mendukung amendemen terbatas UUD 1945.

"Awal periode ini kan pimpinan MPR 5 orang. Setelah beberapa saat, diubah menjadi 8 orang. Tentu sangat baik jika pimpinan yang akan datang disempurnakan menjadi 10 orang dengan rincian 9 mewakili fraksi-fraksi dan 1 mewakili kelompok DPD. Soal siapa ketuanya, bisa dimusyawarahkan untuk mencapai mufakat," kata Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Minggu (11/8).

Diposting 14-08-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Saleh Partaonan Daulay

Anggota DPR-RI 2014
Sumatera Utara II

Oesman Sapta

Anggota DPD-RI 2014
Kalimantan Barat