Komentari
Berita Anggota Parlemen

Koalisi Jokowi Tak Soal Kabinet Dominan Profesional

Kabinet Presiden Jokowi di periode kedua akan diisi 55% dari kalangan profesional. Partai koalisi Jokowi tidak mempermasalahkan porsi menteri tersebut.

Partai Golkar mengatakan penyusunan komposisi kabinet itu merupakan hak prerogatif Pak Jokowi. Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menyebut Jokowi mengetahui kebutuhan bangsa.

Ace menyebut, penyusunan kabinet bukan soal jatah menteri yang didapat masing-masing parpol. Melainkan, terkait kebutuhan dalam menyukseskan bangsa lima tahun ke depan.

"Ini bukan soal jatah-jatahan, soal kabinet merupakan kebutuhan dalam menjalankan pemerintahan yang sukses dalam lima tahun ke depan. Pak Jokowi sangat memperhatikan masukan partai politik," ujar Ace kepada wartawan, Kamis (15/8/2019).

Partai NasDem juga mengaku menghormati keputusan Jokowi dalam menetapkan kabinetnya. Sebab, soal menteri merupakan hak prerogatif presiden.

"Kami NasDem sangat hormati hak prerogatif presiden dalam memilih dan menetapkan anggota kabinet," ujar Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate saat dihubungi, Rabu (14/8).

Jhonny menyebut, pihaknya mendukung kebijakan Jokowi. Menurutnya, hal ini dimaksud untuk kemajuan bangsa dalam pemerintahan Jokowi kedepannya.

Sementara, PPP yakin menteri dari kalangan profesional tidak akan mengurangi jatah menteri parpol. "Keyakinan PPP tidak akan mengurangi pos untuk parpol," ujar Sekjen PPP Arsul Sani kepada wartawan, Rabu (14/8).

Arsul menyebut, apa yang disampaikan Jokowi itu sebagai bentuk persentase perbedaan menteri dari parpol dan non parpol. Menurutnya, ini bukan merupakan hal baru karena telah dilakukan dalam struktur kabinet saat ini.

"Apa yang disampaikan Pak Jokowi hari ini sebetulnya kan dari sisi persentase pembedaan menteri dari partai dan non partai, sebetulnya sudah tercerminkan dalam struktur kabinet sekarang. Jadi bagi PPP ya tidak mengagetkan," kata Arsul.

 

Diposting 16-08-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Tb. Ace Hasan Syadzily

Anggota DPR-RI 2014
Banten I

Johnny G.Plate

Anggota DPR-RI 2014
Nusa Tenggara Timur I

Arsul Sani

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Tengah X