Komentari
Berita Anggota Parlemen

Asal Pro Rakyat, Demokrat Siap Dukung Pemerintahan Jokowi

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menyampaikan pidato kontemplasi.

Dari beberapa poin yang disampaikan, salah satunya mendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf itu membenarkan soal pernyataan SBY.

Kata dia, dukungan SBY kepada Jokowi adalah bentuk hasil Pemilu 2019 yang menetapkan presiden adalah pilihan rakyat.

“Karena Presiden Jokowi didukung, dipilih oleh rakyat, ya berarti ketika sudah terpilih kita harus sama-sama mendukung,” ucapnya di gedung DPR, Senayan, Jakarta, kemarin.

Dengan memberikan dukungan kepada pemerintah, menurutnya, salah satu cara mendorong program-program yang ditujukan kepada rakyat.

Hal ini sejalan dengan cara Demokrat bekerja dalam berpolitik yang bersih, cerdas dan santun. Walaupun telah menyatakan dukungan, Demokrat menegaskan tidak ada kesepakatan politik.

“Demokrat tidak mengajukan siapa-siapa. Yang jelas Pak SBY murni ingin terus bangsa dan negara ini berdemokrasi. Siapapun pemenangnya harus dukung bersama,” katanya.

Putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dikabarkan akan menjadi salah satu menteri pada kabinet Jokowi-Ma’ruf.

Soal itu, Nurhayati ogah berspekulasi. Demokrat mengembalikan kepada Presiden yang memegang hak prerogratif menentukan jajarannya.

“Menteri itu hak prerogratif presiden. Sebaiknya tidak dipertanyakan deal-dealnya,” tutupnya.

Sementara, Ketua Fraksi Demokrat di DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menyatakan, partainya siap mendukung pemerintahan. Asalkan, kebijakan pemerintah selanjutnya menomorsatukan kepentingan masyarakat.

“Saya yakin Pak Jokowi punya konsep cinta dan pembangunan nasional. Demokrat siap membantu pemerintah jika pro masyarakat,” ujar Ibas di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, kemarin.

Diposting 12-09-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Nurhayati Ali Aseggaf

Caleg DPR-RI 2019
Jawa Timur 5

Hilda Thawila

Anggota DPR-RI 2019
Jawa Barat XI