Berita Anggota Parlemen

Masuk Kandang Banteng, Gibran Tak Dapat Perlakuan Khusus

Keinginan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming bergabung ke PDIP disambut baik.

Meski demikian, Banteng tidak akan memperlakukan Gibran secara khusus. Bergabungnya Gibran bukan kejutan.

Dia mengikuti jejak ayahnya yang berkarier melalui PDIP ketika menjadi Walikota Solo. Kini, Gibran mendaftarkan diri mengikuti perhelatan pilkada yang dimulai tahun 2020.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menyambut baik keinginan Gibran bergabung dengan PDIP. “Saya belum melihat hasil survei Gibran dalam kontestasi pilkada Kota Solo.

Kita masih memberikan kesempatan dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat, bahwa ada keinginan dari yang bersangkutan bersungguh-sungguh menjadi wali kota di Solo,” katanya.

Meski demikian, Gibran menunjukkan kesungguhannya dengan langsung menghampiri kantor DPC PDIP Kota Solo yang dipimpin FX Rudi Hadyatmo.

Basarah mengatakan, banyak celah jika Gibran ingin melakukan pendaftaran.

“Dalam pendaftaran bakal calon itu, pintu yang dibuka bakal calon selain pintu DPC setempat yang akan melaksanakan pilkada dan pendaftaran bakal calon bisa melalui DPD setempat, dan juga DPP.

Ada tiga pintu dalam pendaftaran bakal calon kepala daerah atau wakil kepala daerah,” terangnya.

Wakil Ketua MPR ini kemudian mengatakan kesempatan dari ayah Jan Ethes ini mengikuti perhelatan pilkada. Menurutnya, jika yang bersangkutan lolos, bisa menjadi pilihan pengurus pusat untuk maju menjadi calon kepala daerah.

“Siapapun yang berdasarkan pertimbangan dan kajian partai, figur tertentu memiliki elektabilitas tinggi, potensial, dan cakap memimpin daerah, kemungkinan akan mendap-atkan rekomendasi dari DPP PDIP,” tegasnya.

Sebelumnya, Gibran mengaku telah mengembalikan berkas pendaftaran anggota PDIP. Dalam kunjungannya, dia juga menanyakan proses mendaftar sebagai calon kepala daerah.

“Untuk menyerahkan formulir sekaligus mengambil KTA PDIP. Insya Allah, saya sudah menjadi bagian keluarga besar PDIP,” kata Gibran.

Diposting 25-09-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Ahmad Basarah

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Timur 5