Berita Anggota Parlemen

Gantikan Fadli Zon di Kursi Pimpinan DPR, Ini Profil Sufmi Dasco

Detik News, 30-09-2019

Sufmi Dasco Ahmad diusulkan oleh Partai Gerindra sebagai calon Wakil Ketua DPR 2014-2019. Sufmi akan menggantikan Wakil Ketua DPR sebelumnya, Fadli Zon. Begini profilnya.

Usulan tersebut muncul setelah dua SK (Surat Keputusan) usul calon Pimpinan DPR/MPR diteken oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Selain Sufmi, Prabowo juga menunjuk Ahmad Muzani sebagai calon pimpinan MPR.

"Sebagai Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum, Pak Prabowo (Subianto) sudah menandatangani dua SK (surat keputusan). Pertama adalah calon Wakil Ketua DPR, Pak Prabowo menunjuk Saudara Sufmi Dasco Ahmad sebagai calon Wakil Ketua DPR dan sebagai calon pimpinan MPR Pak Prabowo menunjuk Ahmad Muzani menjadi calon pimpinan MPR," kata Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2019).

Seperti dikutip dari laman resmi DPR, Sufmi Dasco Ahmad lahir di Bandung pada 07 Oktober 1967. Sufmi menyelesaikan gelar S1-nya di jurusan teknik elektro Universitas Pancasila. Setelah itu, dia melanjutkan pendidikan S2-nya di Fakultas Hukum, Universitas Islam Jakarta dan S3 di Fakultas Hukum Universitas Islam Bandung. Selama kuliah S1, Sufmi aktif di Pelajar Islam Indonesia. Dia juga pernah menjadi anggota majelis pemuda DPP KNPI.

Mulanya lebih dikenal sebagai pebisnis. Dia merupakan Direktur Utama di PT Pasopati Indorisk, sebuah perusahaan yang bergerak di manajemen resiko dan keamanan. Dia pun pernah menjadi direktur PT Omerta Cipta Securita.

Dasco terlibat secara aktif ketika Partai Gerindra didirikan. Sejak 2008, ia menjabat Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra. Ia juga Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP Partai Gerindra pada 2008-2014. Di Pemilu Presiden 2014 Sufmi membentuk jaringan Relawan Pasopati untuk mendukung Prabowo Subianto.

Sufmi terpilih menjadi anggota DPR masa kerja 2014-2019. Dia duduk di Komisi III yang membidangi hukum, keamanan dan hak asasi manusia. Pada 30 Oktober 2014, Sufmi terpilih sebagai Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Diposting 30-09-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Sufmi Dasco Ahmad

Anggota DPR-RI 2014
Banten III

Ahmad Muzani

Anggota DPR-RI 2014
Lampung I

Fadli Zon

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Barat V