Komentari
Berita Anggota Parlemen

NasDem Soal Peluang PD Gabung Jokowi: Pasti Bicara dengan Parpol Koalisi

NasDem menilai pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan sikap elegan usai kontestasi Pilpres dan Pileg 2019. NasDem mengapresiasi dukungan yang diberikan Demokrat ke pemerintahan Jokowi.

"Pertemuan dua tokoh nasional pasti bicara tentang bagaimana Indonesia ke depan. Demokrat dan Pak SBY statement-nya jelas. Selama lima tahun ke depan akan dukung pak Jokowi. Sikap yang ditunjukkan Demokrat sejak Pilpres berakhir sangat elegan menurut saya," kata Ketua DPP NasDem Irma Suryani saat dihubungi, Kamis (10/10/2019).

Irma mengatakan komitmen dari Demokrat tersebut dibutuhkan oleh pemerintahan dalam membangun kerja sama ke depan. Dia membandingkan sikap Demokrat dengan partai lainnya.

"Komitmen seperti ini yang dibutuhkan pemerintah untuk bisa bekerjasama. Jangan yang seperti duri dalam daging, menterinya mau, tapi tidak mendukung," tutur Irma tanpa menyebutkan spesifik partai tersebut.

Baca juga: Ini yang Dibahas Jokowi dan SBY di Istana

Terkait kepastian Demokrat bergabung dengan koalisi pemerintahan, Irma menyebut Jokowi pasti akan berbicara dengan para pimpinan partai politik. Dia mengatakan jangan sampai ada resistensi terkait koalisi tersebut.

"Gabung atau tidak gabung pasti presiden akan bicara lebih dulu dengan parpol koalisi. Tetapi saya pribadi berharap, jangan yang resistensinya besa. Karena akan mengganggu soliditas parpol koalisi nanti," tuturnya.

Sebelumnya, Jokowi belum memastikan apakah Partai Demokrat akan bergabung dengan koalisi pemerintahan. Namun ia dan SBY sempat membahas hal tersebut.

"Ditanyakan ke Pak SBY langsung. Kita bicara itu tapi belum sampai sebuah keputusan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Kamis (10/10/2019).

Diposting 11-10-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Irma Suryani

Caleg DPR-RI 2019
Sumatera Selatan 2