Berita Anggota Parlemen

Pengganti Yasonna-Juliari Batubara Akan Diputuskan di Rapat DPP PDIP

Dua kader PDIP yang dilantik menjadi menteri, Yasonna Laoly dan Juliari Batubara, sebelumnya adalah anggota DPR. Pengganti antar-waktu (PAW) keduanya akan diputuskan dalam rapat di DPP PDIP.

"Untuk pengganti Pak Yasonna akan dirapatkan untuk diputuskan DPP Partai. (Proses penggantian Juliari) pasti sama," kata Sekretaris F-PDIP DPR Arif Wibowo kepada wartawan, Kamis (24/10/2019).

Meski biasanya PAW diambil dari peraih suara terbanyak kedua dari anggota yang digantikan, Arif menyebut partainya memiliki keputusan tersendiri. Partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri itu disebutnya memiliki pertimbangan kompetensi dan kebutuhan partai di DPR.

"Betul (aturannya suara terbanyak kedua), tetapi tetap kewenangan partai untuk memutuskannya. Dan harus melalui partai. Pertimbangannya karena harus melihat kompetensi caleg yang bersangkutan dan kebutuhan partai di DPR juga," jelas Arif.

Namun Arif belum menyebutkan siapa nama yang akan menggantikan Yasonna dan Juliari. Proses pengajuan PAW, kata Arif, tetap melalui KPU lalu dilanjutkan ke DPR.

"Prosesnya tentu mengajukan usul penggantian ke Pimpinan DPR dan juga KPU, karena beliau diangkat menjadi menteri," ujar Arif.

Yasonna Laoly diketahui telah kembali menjabat sebagai Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM), sementara Juliari Batubara menjabat Menteri Sosial. Keduanya resmi dilantik pada Rabu (23/10) kemarin.

Diposting 25-10-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Juliari P. Batubara

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Tengah 1

Arif Wibowo

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Timur 4

Yasonna Hamonangan Laoly

Anggota DPR-RI 2019-2024
Sumatera Utara 1