Berita Anggota Parlemen

Sinergi TNI - Polri Amankan PON Papua

Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas mendukung BIN bersama TNI dan Polri menjaga keamanan Papua selama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) ke XVI yang akan diselenggarakan pada di Papua, Oktober mendatang.

Hal tersebut disampaikannya usai rapat kerja gabungan Komisi I, II, III dan X DPR RI dengan Pemerintah membahas persiapan PON XX dan Peparnas XVI Papua di Ruang Rapat KKII DPR RI, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2/2020). Rapat dibuka langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, serta didampingi para Wakil Ketua DPR RI.

Untuk menjaga keamanan selama PON berlangsung, Yan menilai Pemerintah pusat perlu ada sinergi antara pemerintah daerah beserta TNI-Polri dalam mengantisipasi aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. “Pemerintah harus mendesak kepada pemerintah daerah untuk sinkronisasi antara provinsi, kabupaten dan TNI-Polri dalam rangka mengamankan pelaksanaan PON Tahun 2020,” kata Yan.

Menurut Yan, jika terkonsolidasi dengan baik maka pemerintah mudah untuk mengkoordinir pihak-pihak yang dianggap sebagai ancaman gangguan keamanan. “Agar mereka tetap pada rel untuk menjaga keamanan bersama. Dengan demikian, pelaksanaan PON tahun 2020 dapat didukung oleh seluruh elemen masyarakat Papua,” jelas politisi F-Gerindra ini.

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengungkapkan, BIN akan menggelar operasi gabungan bersama TNI dan Polri dalam rangka pengamanan PON ke-XX yang akan diselenggarakan 20 Oktober sampai 2 November mendatang. Dari pemetaan yang dilakukan BIN, ia mengungkapkan ada sejumlah potensi kerawanan keamanan. Namun, BIN telah melakukan operasi pencegahan dengan memotong potensi tersebut.

Budi Gunawan menambahkan sampai saat ini kondisi di Papua cukup kondusif. Ia juga memprediksi keamanan di Papua selama PON dan Peparnas bisa dijaga dengan pola pengamanan terbuka dan tertutup. “Tentu ada pola-pola sistem pengamanan baik itu terbuka – tertutup, termasuk waskita yang kita lakukan karena ada kunjugan kehadiran dari beberapa kepala daerah khususnya di negara-negara Asia Pasifik,” jelasnya. 

Turut hadir Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel. Sementara Pemerintah diwakili Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Pangkogabwilhan II Marsekal Madya Fajar Prasetyo, serta Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono.

Adapun Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang ikut dalam rapat gabungan ini adalah Komisi I yang membidangi intelijen, komunikasi dan pertahanan, Komisi II bidang pemerintahan dalam negeri dan kepemiluan, Komisi III bidang hukum dan keamanan dan Komisi X yang meliputi pendidikan dan olahraga.

Diposting 05-02-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Yan Permenas Mandenas

Anggota DPR-RI 2019-2024
Papua

Puan Maharani

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Tengah 5

Zainudin Amali

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Timur 11

Azis Syamsuddin

Anggota DPR-RI 2019-2024
Lampung 2