Berita Anggota Parlemen

DPR RI – Parlemen Malaysia Tingkatkan Semangat Kebersamaan

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menyambut baik kunjungan Parlemen Malaysia Pusat Pengajian Pertahanan Nasional Maktab Ketahanan Nasional ke DPR RI. Ia berharap, kunjungan ini dapat meningkatkan semangat kebersamaan antara Indonesia-Malaysia.

Hal itu diungkapkannya usai menerima kunjungan Parlemen Malaysia Pusat Pengajian Pertahanan Nasional Maktab Ketahanan Nasional dipimpin Dato ‘ Haji MD Yusof Bin Aziz, di Ruang VIP Abdul Muis, Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2/2020). Menurutnya kebersamaan tersebut penting dilakukan bukan hanya untuk kepentingan dua negara namun juga kemajuan kawasan ASEAN bahkan Asia secara keseluruhan.

“Jadi, memang kami dalam berbagai pertemuan selalu membina hubungan yang baik dengan parlemen-parlemen di kawasan ASEAN. Agar, kawasan kita ke depan bisa menjadi betul-betul kawasan yang bisa memberikan kemakmuran bukan hanya negara kita sendiri, tapi juga kemakmuran di kawasan ASEAN bahkan Asia,” ujar politisi Fraksi Partai Demokrat itu.

Putu menjelaskan, akan banyak tantangan yang dihadapi negara-negara di kawasan ASEAN ke depan. Ia mencontohkan seperti yang terjadi di kawasan Laut Cina Selatan beberapa waktu lalu. Untuk itu, kerjasama antar negara dalam menciptakan kestabilan di kawasan Laut Cina Selatan penting dilakukan demi terciptanya dampak stabilitas dan kemakmuran di kawasan sekitarnya yaitu kawasan ASEAN maupun di kawasan Asia secara lebih luas.

“Jadi, seperti diketahui di Laut Cina Selatan itu menjadi salah satu isu yang muncul dalam pertemuan Asia-Pacific Parliamentary Forum di Australia belum lama ini. Dalam forum itu, negara-negara banyak menyatakan bahwa kawasan Asia Tenggara harus dikawal dengan baik,” ungkapnya.

Tentu, dengan kestabilan di kawasan Laut Cina Selatan juga akan memberikan dampak kemakmuran baik untuk kawasan ASEAN maupun di kawasan Asia. “Ke depan mudah-mudahan segala kerjasama akan terus kita gaungkan dan terus kita tingkatkan,” pungkas legislator dapil Bali tersebut. 

Diposting 05-02-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Putu Supadma Rudana

Anggota DPR-RI 2019-2024
Bali