Berita Anggota Parlemen

Baleg DPR Harapkan Sosialisasi Prolegnas Jadi Ilmu Pengetahuan Civitas Academica

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Ibnu Multazam mengatakan pertemuan yang berlangsung di Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur, dalam rangka mensosialisasikan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2020-2024. Dari pertemuan tersebut, Ibnu berharap hal-hal yang sudah disampaikan dapat diterima dengan baik dan bisa berkembang menjadi pengetahuan bagi civitas academica maupun mahasiswa.

“Jadi hari ini kita berkunjung ke Universitas Trunojoyo Madura. Dimana, responsifitas civitas academica-nya itu menarik sekali. Jadi ada banyak masukan dan juga kritik yang disampaikan,” ucap Ibnu usai memimpin Tim Kunjungan Kerja Baleg DPR RI mensosialisasikan Prolegnas 2020-2024 kepada civitas academica, di Gedung Rektorat Lantai 10 Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Jawa Timur, Senin (3/2/2020).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu melanjutkan, masukan dan kritikan yang disampaikan oleh civitas academica Universitas Trunojoyo Madura merupakan suatu bentuk kritikan yang dapat membangun kinerja daripada Baleg DPR RI itu sendiri. Karenanya, menurutnya, dengan adanya sosialisasi ke berbagai akademisi di Indonesia ini, dapat terjalin hubungan informasi dini kepada civitas academica, khususnya mahasiswa.

“Dimana mahasiswa merupakan perwakilan dari masyarakat. Mereka (mahasiswa) bisa tahu informasi sejak awal tentang bagaimana menyusun Rancangan Undang-Undang (UU), membahas RUU, apa saja yang dibahas dalam RUU, itu semua dapat terimformasikan sejak awal,” jelas Ibnu. Menurutnya, hal tersebut dapat meminimalisir adanya konflik di tengah masyarakat yang dapat menimbulkan berbagai aksi, misalnya unjuk rasa.

Di sisi lain, legislator dapil Jawa Timur VII ini menjelaskan, masyarakat dapat terlibat dalam proses pembahasan RUU dengan memberikan masukan untuk menyempurnakan norma ataupun redaksional RUU. “Ini dapat dilaksanakan pada Forum Group Discussion (FGD) terhadap penyusunan UU,” tutup Ibnu.

Diposting 06-02-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Ibnu Multazam

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Timur 7