Berita Anggota Parlemen

Jateng Dinilai Siap Jalankan Pilkada 2020

Anggota Komisi II DPR RI Heru Sudjatmoko menilai persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 se-Jawa Tengah sudah cukup baik. Dari data yang disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi maupun beberapa KPU Kabupaten/Kota se-Jateng, kemudian Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) persiapannya secara umum sudah bagus. Pendanaan pun dinilainya tidak menemui masalah. 

“Dari segi pendanaan maupun pembiayaan enggak ada masalah, koordinasi dengan Pemerintah Daerah masing masing sudah berjalan dengan baik di atas rata-rata 70 persen. Tinggal nantinya bagaimana meningkatkan lebih baik lagi,” kata Heru di sela-sela mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI dalam rangka persiapan Pilkada serentak 2020 se-Jateng di Semarang, Jateng, Rabu (19/2/2020).

Politisi PDI-Perjuangan itu berharap penyelenggaraan Pilkada semakin berkualitas demokrasinya dan semakin meningkat partisipasinya. Ia pun menyarankan kepada KPU, baik pusat maupun daerah untuk mensosialisasikan penghasilan resmi kepala daerah kepada masyarakat luas. Sehingga bakal calon kepala daerah tahu penghasilan resmi kepala daerah. Sehingga ke depanya masyarakat yang ingin mengikuti kontes pemilihan kepala daerah tidak selalu orang-orang yang memiliki dana besar.

“Tentu saja saya mendorong para calon nantinya harus punya kemampuan visi misi. Dengan kata lain harus mulai berpikir bagaimana calon seorang kepala daerah itu bukan semata-mata berani nyalon karena uangnya banyak, tetapi memang berkompeten dan bisa membawa masyarakat pemilihnya menjadi sejahtera. Saya melihat pada umumnya masih ragu. Tapi saya terus mendorong proses demokrasi dari waktu ke waktu, selangkah demi selangkah bisa semakin maju dan lebih baik kualitasnya,” harap legislator dapil Jawa Tengah VII itu.

Diposting 21-02-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Heru Sudjatmoko

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Tengah 7