Berita Anggota Parlemen

Komisi VIII Usul Dana Haji Tidak Digunakan untuk Penanganan Korona

sumber berita , 11-04-2020

Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily mengusulkan supaya dana haji tidak diutak-atik untuk penanganan virus Korona atau Covid-19 di Indonesia. Hal ini karena, dana tersebut berasal dari para jamaah yang sudah berniat untuk melakukan kegiatan ibadah haji.

“Apalagi kalau dana haji itu yang berasal dari para calon jamaah haji. Tidak boleh sama sekali diutak-atik untuk kepentingan yang lain, termasuk untuk kepentingan Covid-19,” ujar Ace kepada wartawan, Sabtu (11/4).

Politikus Partai Golkar ini mengatakan memang ada APBN yang bersumber dari pemerintah untuk para patugas haji. Namun jika nantinya APBN tersebut digunakan perlu ada keputusan resminya. “Jadi sebaiknya diputuskan setelah ada keputusan apakah penyelenggaran haji di tunda atau tidak,” katanya.

“Tapi prinsipnya dana haji yang berasal dari calon jamaah haji tidak boleh digunakan untuk hal-hal lain, termasuk penanganan Covid-19,” tambahnya.

Sampai saat ini Komisi VIII DPR juga belum memutuskan bersama dengan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi apakah dana haji tersebut boleh digunakan ‎untuk penangnan Covid-19 ini. Sehingga hal ini masih dilakukan pengkajian. “Kami tegaskan bahwa Komisi VIII DPR belum ada pembicaraan terkait dengan penyelenggaran haji 2020,” ungkapnya.

Diposting 13-04-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Ace Hasan Syadzili

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Barat 2