Berita Anggota Parlemen

Komisi V soal Zona Larangan Penerbangan Mudik: Gimana Jaga yang Hijau?

Komisi V DPR RI mempertanyakan Permenhub tentang larangan mudik penerbangan domestik yang dilarang hanyalah penerbangan dari dan ke kawasan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan zona merah. Lalu bagaimana menjaga zona hijau yang belum diatur di dalam Permenhub.

"Itu yang saya tanya kemarin, justru, bagaimana kita menjaga zona hijau? Justru sekarang seharusnya konsentrasi kepada menjaga zona hijau, kan begitu. Tetapi jawaban mereka begitu, jadi tidak bisa mereka menghentikan transportasi umum di daerah-daerah yang tidak ditentukan PSBB, begitu. Di PSBB saja transportasi umum masih berjalan," kata Wakil Ketua Komisi V DPR, Nurhayati Monoarfa kepada wartawan, Jumat (24/4/2020).

Pertanyaan Nurhayati tersebut ditujukan kepada Kemenhub sebagai pemangku kebijakan. Sebab, dia mendapat curhat dari sejumlah kepala daerah zona hijau bagaimana menjaga daerah belum terdampak banyak kasus Corona.

"Iya betul, bagaimana kita menjaga zona hijau? Kan begitu. Karena saya mendengar langsung dari kepala daerahnya, mereka bilang 'kami sebetulnya ingin, Bu, memberlakukan PSBB karena kami ingin menjaga daerah kami yang masih hijau ini yang belum banyak kasus'," ujarnya.

Menurut Nurhayati, Permenhub belum mengatur secara jelas bagaimana penerbangan mudik yang dilarang masuk dan keluar zona hijau. Sebab ada Kemenkes yang mengatur soal penzonaan tersebut.

"Belum (diatur), karena yang menentukan itu Menkes. Jadi Kemenhub itu hanya mengikuti apa yang sudah ditentukan Menkes, jadi mengikuti saja, misalkan Jakarta zona merah, PSBB, ya sudah berarti transportasinya diatur oleh Kemenhub seperti apa aturannya," ucapnya.

Nurhayati sejak awal menginginkan transportasi umum yang keluar Pulau Jawa ditutup. Agar penyebaran Corona tak sampai ke pulau-pulau lainnya.

"Ya kalau saya memang melihat ya pandemi COVID-19 ini kan penyebarannya yang sangat masif kan ada di Jawa. Saya sih dari awal menginginkan Jawa ini tertutup, jadi tidak ada transportasi umum yang keluar dari Jawa, misalkan ke Sumatera, ke Sulawesi, ke mana-mana," imbuhnya.

Sebelumnya, menurut Permenhub tentang larangan mudik, penerbangan domestik yang dilarang di masa wabah virus Corona hanyalah penerbangan dari dan ke kawasan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan zona merah. Di luar itu, penerbangan tetap boleh beroperasi.

"Ini maksudnya untuk daerah PSBB dan zona merah," kata Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, kepada detikcom, Jumat (24/4).

Diposting 24-04-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Nurhayati

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Barat 11