Berita Anggota Parlemen

DPR Sentil PLN Tidak Jelas Beri Informasi ke Masyarakat

sumber berita , 09-06-2020

Anggota Komisi VII DPR Mulyanto angkat bicara soal melambungnya tarif listrik masyarakat. Pasalnya, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sebelumnya mengatakan akan memberikan insentif tarif listrik kepada pengguna 450 VA dan 900 VA.

Menurut Mulyanto, permasalahan ini sebetulnya sederhana, yakni persoalan pencatatan meteran listrik. Sebab, pihak PLN sebelumnya tidak memberitahukan kepada masyarakat bahwa di akhir bulan akan ada petugas yang mengakumulasikan pemakaian listrik.

“Persoalannya sebetulnya sederhana, itu masalah pencatat meter. Masalahnya nggak terlalu serius, cuma hanya masalah teknis ini menyebabkan kejadian luar biasa,” ujarnya dalam diskusi MNC Trijaya, Selasa (9/6).

Menurut Mulyanto, penjelasan yang diberikan PLN kepada masyarakat tidak jelas. Hal ini yang menyebabkan kasus seperti ini terjadi.

“Masyarakat harus diberikan penjelasan kalau misalnya PLN tidak menurunkan tim untuk mencatat meteran, ini harus dijelaskan bahwa kami (PLN) nggak menurunkan tim (pencatat meteran) lho, nanti kira-kira kami rata-ratakan nih 3 bulan terakhir, kalo melonjak hati-hati lho. Seperti itu menyampaikan ke masyarakat kan bisa,” tutur dia.

Pihaknya juga meyakini bahwa tidak ada kenaikan tarif listrik secara sepihak seperti yang banyak diisukan. Jika hal tersebut terjadi, itu tentunya adalah pelanggaran besar.

Mulyanto pun berharap kejadian ini dapat segera terselesaikan dengan penjelasan yang baik. “Kalau tidak dicatat cara menghitungnya bagimana, masyarakat gelap keterangan. Penjelasan dirata-ratakan 3 bulan terakhir itu yang masyarakat nggak mengerti,” ujar dia.

Diposting 10-06-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Mulyanto

Anggota DPR-RI 2019-2024
Banten 3