Berita Anggota Parlemen

Soal Jatuhnya Pesawat TNI, DPR Desak Menhan Lakukan Audit Secara Menyeluruh Alutsista

Anggota Komisi I DPR RI Rizki Aulia Rahman Natakusumah mendesak Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk melakukan audit alat utama sistem senjata (alutsista) milik TNI terkait jatuhnya pesawat latih tempur Hawk 100/200 di Kabupaten Kampar, Riau pada Senin pagi.

Rizki mengatakan, audit terhadap alutsista TNI penting dilakukan sebagai bagian dari penguatan sistem pertahanan nasional. Terlebih, beberapa hari sebelumnya Helikopter angkut MI-17 milik TNI AD jatuh di Kendal, Jawa Tengah.

"Ini perlu dilakukan audit secara menyeluruh semua alat alutsista di Indonesia," kata Rizki saat dihubungi TeropongSenayan, Senin (15/6/2020).

Politisi Partai Demokrat ini menekankan dalam kerangka pembangunan sistem pertahanan yang komprehensif, Kementerian Pertahanan perlu mengkaji kembali setiap peralatan sistem pertahanan yang digunakan Indonesia.

Persenjataan yang Indonesia miliki perlu disesuaikan kembali dengan pembacaan situasi perkembangan terkini ancaman pertahanan.

"Audit sistem pertahanan ini mendesak dilakukan karena tentu perkembangan ancaman pertahanan terus berubah. Peralatan dan perlengkapan yang dipakai TNI itu harus menyesuaikan dengan situasi kekinian, termasuk pesawat yang dipakai. Kejadian berturut-turut ini harus mendapat perhatian serius," tuturnya.

Ia mendorong agar dilakukan peremajaan alutsista, walaupun anggaran pertahanan dalam APBN dalam beberapa tahun ke belakang selalu menempati salah satu yang tertinggi. Namun, demikian anggaran ini harus berbagi dengan banyak lembaga.

"Kita sadari bahwa anggaran untuk sistem pertahanan kita saat ini masih kurang," ucapnya.

Dirinya berharap dengan adanya audit secara menyeluruh tak terulang kembali kejadian seperti ini.

Diposting 15-06-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Rizki Aulia Rahman Natakusumah

Anggota DPR-RI 2019-2024
Banten 1