Berita Anggota Parlemen

Legislator PAN: Sosialisasi Jadi Kunci Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 menanggung banyak persoalan sejak mewabahnya virus Covid-19 di Indonesia. Selain rencana awal ingin menunda, menurunnya partisipasi masyarakat untuk memilih juga menjadi masalah susulan.

Masyarakat masih khawatir ikut memilih karena keadaan pandemi yang belum sepenuhnya reda. Persoalan ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan Penyelenggara Pemilu karena tanpa partisipasi masyarakat yang tinggi, menggelar pilkada menjadi pekerjaan yang sia-sia.

Anggota Komisi Kepemiluan (Komisi II) DPR, Guspardi Gaus, mengatakan persoalan rendahnya partisipasi masyarakat dalam pemilu biasanya disebabkan karena kurangnya sosialisasi. Terlebih di masa pandemi, sosialisasi menjadi kunci untuk meyakinkan pemilih berpartisipasi dalam pilkada 2020, terutama tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

"Dikhawatirkan kan situasi pandemi ini mengurangi partisipasi masyarakat, makanya perlu sosialisasi secara masif bagaimana tahapan-tahapan pilkada dilakukan sesuai protokol kesehatan," kata Guspardi melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Senin, 6 Juli 2020.

Tugas besar menggaet partisipasi pemilih dalam pilkada menjadi tugas besar bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Guspardi meminta KPU harus memastikan masyarakat tersosialisasi secara baik terkait tahapan hingga pelaksanaan pilkada di masa pandemi ini.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini menuturkan, gelaran pilkada pada 9 Desember mendatang sudah melalui pertimbangan panjang dan matang, termasuk kewajiban mematuhi protokol kesehatan untuk mengantisipasi Covid-19. Untuk itu, proses tahapan harus dilakukan secara serius mengingat KPU sendiri sudah mengajukan penambahan anggaran pilkada.

"Kami tidak ingin ada masyarakat maupun penyelenggara pilkada yang terkena Covid-19 karena ikut pilkada," tegas mantan praktisi UIN Imam Bonjol ini.

Diposting 07-07-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Guspardi Gaus

Anggota DPR-RI 2019-2024
Sumatera Barat 2