Berita Anggota Parlemen

Kementerian-Lembaga Kembali Disorot Jokowi, PKS: Sayang Emosinya Diumbar

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera menilai ada hal tidak wajar dalam pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kembali menyoroti kinerja kementerian hingga lembaga. Mardani menyebut kementerian-lembaga tersebut menunjukkan ketidakmampuan mengendalikan COVID-19 di Tanah Air.

"Marah sekali wajar, marah berkali-kali tidak wajar dan menunjukkan ketidakmampuan. Ini pesan buruk bagi publik," kata Mardani kepada wartawan, Senin (3/8/2020).

Dia menyebut sebaiknya Jokowi tak reaktif dengan mengumbar kekesalan atas kinerja menteri dan pimpinan lembaga yang tak maksimal. Mardani mendorong Jokowi agar melakukan aksi konkret.

"Pak presiden punya otoriras penuh. Sayang kalau diumbar emosinya, mesti dieman-eman karena banyak pekerjaan besar menanti Pak Presiden. Reshuffle hak prerogatif kok, kecuali Pak Presiden takut. Jadi bukannya ambil aksi, malah reaktif," ucap Mardani.

Seperti diketahui, Jokowi menilai kementerian hingga lembaga masih terjebak pekerjaan harian sehingga tidak tahu prioritas. Jokowi mengatakan kementerian dan lembaga di Indonesia belum bisa menentukan prioritas dalam penanganan COVID-19.

"Kementerian-kementerian, lembaga-lembaga ini aura krisisnya belum betul-betul belum... ya belum, masih sekali lagi kejebak pada pekerjaan harian," kata Jokowi saat membuka 'Rapat Terbatas Penanganan covid19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional' yang disiarkan Sekretariat Presiden, Senin (3/8).

Jokowi mengatakan kementerian dan lembaga di Indonesia belum bisa menentukan prioritas dalam penanganan COVID-19. Karena itu, dia meminta agar pekerjaan kementerian dan lembaga didetailkan.

"Nggak tahu prioritas yang harus dikerjakan. Oleh sebab itu, saya minta ini pak ketua urusan ini didetailkan satu per satu dari menteri-menteri terkait sehingga manajemen krisis kelihatan," ucapnya.

"Lincah, cepat, trouble shooting, smart shortcut, dan hasilnya betul-betul efektif. Kita butuh kecepatan," lanjutnya.

Diposting 04-08-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Mardani Ali Sera

Anggota DPR-RI 2019-2024
DKI Jakarta 1