Berita Anggota Parlemen

Wagub DKI Dipanggil Polisi soal Kerumunan HRS, PAN: Hadirlah Supaya Selesai

Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta meminta Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria untuk memenuhi panggilan klarifikasi soal kehadiran di acara Habib Rizieq Syihab. PAN menilai pemanggilan itu jadi saat tepat Riza menjelaskan alasan kehadirannya di acara yang banyak didatangi orang saat itu.

"Pak Wagub sebaiknya datang memenuhi panggilan," kata Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Oman Rahman Rakinda, kepada wartawan, Kamis (19/11/2020) malam.

Oman mengatakan di hadapan polisi, Riza Patria memiliki kesempatan untuk mengklarifikasi. Serta menjelaskan alasan kehadirannya pada acara maulid nabi yang digelar di Tebet pada Jumat (13/11) lalu.

"Ya itu kesempatan Wakil Gubernur untuk klarifikasi, memberikan penjelasan beliau hadir di sana. Ya hadirlah, supaya selesai," kata Oman.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya pada Kamis (19/11) kemarin memanggil 4 orang untuk melakukan klarifikasi terkait kerumunan acara Habib Rizieq. Salah satunya adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

"Hari ini rencananya empat. Ada Wagub DKI, terus Kadinkes, ketua panitia penyelenggara, sama pihak keamanan Bandara Soetta," kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat saat dihubungi wartawan, Kamis (19/11).

Menurut Tubagus, dalam undangan klarifikasi, polisi akan menggali mulai status dan dasar hukum DKI Jakarta serta antisipasi yang dilakukan pemerintah setempat terkait berlangsungnya acara Habib Rizieq di Petamburan.

"Yang digali adalah sesuai UU yang mau diterapkan, yaitu UU Kekarantinaan. Kalau dari unsur pemerintah, ya itu tadi, status Jakarta seperti apa dasar hukumnya, seperti apa upaya yang sudah dilakukan dan dikaitkan dengan kegiatan yang telah terjadi di Petamburan itu," terang Tubagus.

Namun Riza Patria tidak memenuhi undangan tersebut. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, dari 4 orang yang dipanggil, hanya Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Senior Manager Aviation Security (AVSEC) Bandara Soekarno-Hatta yang memenuhi panggilan tersebut.

"Yang hadir ada dua, pertama dari Bandara Soetta dan kedua Kadinkes. Keduanya masih dilakukan pemeriksaan. Yang dua (Wagub DKI dan Ketua Panitia Akad Nikah) belum bisa hadir, minta dijadwalkan ulang," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (19/11).

Terkait ketidakhadiran pada pemanggilan tersebut, Riza mengaku sudah meminta agar undangan klarifikasi dijadwalkan ulang. Riza mengatakan siap dimintai klarifikasi pihak kepolisian.

"Dijadwalkan tadinya hari ini pukul 10.00 WIB karena tidak bisa, saya minta hari Jumat (20/11). Hari Jumat Polda ada acara, jadi direncanakan hari Senin (23/11) pukul 11.00 WIB," ucap Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/11).

Dia menyebut akan menyampaikan beberapa hal soal kerumunan dari mulai kepulangan HRS dari Arab Saudi sampai acara Maulid Nabi dan pernikahan putri HRS di Petamburan.

"Saya siap datang. Ya nggak masalah, kita semua harus memenuhi undangan panggilan klarifikasi. Kita akan sampaikan sesuai fakta dan data yang ada," kata Riza.

Diposting 20-11-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Oman Rohman Rakinda

Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta 2019-2024