Berita Anggota Parlemen

PAN Minta Laskar FPI Tak Berlebihan Jaga Rumah Habib Rizieq

Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar wilayah Petamburan, tapi kediaman Habib Rizieq Syihab dijaga laskar FPI. Plh Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyebut pihak Habib Rizieq tak perlu terlalu menjaga diri dan curiga.

"Justru itu, menurut saya, jangan saling curiga. Pihak HRS juga nggak usah terlalu overprotektif namanya, jangan terlalu overprotektif dan curiga," kata Saleh kepada wartawan, Selasa (23/11/2020).

Saleh juga mengingatkan kepada pihak kepolisian yang menyemprot disinfektan agar tak bertindak berlebihan. Dia mengimbau pihak Habib Rizieq dan polisi sama-sama terbuka.

"Juga polisi, polisi kan penegak hukum, nggak mungkin melanggar hukum, jadi nggak usah dicurigai juga. Polisi juga nggak usah juga kelihatan ini ada sesuatu yang salah untuk bertindak, masuk-masuk begini, nggak. Sama-sama membuka diri," ujarnya.

Selain itu, Saleh mengingatkan semua pihak agar tak saling curiga. Penyemprotan disinfektan di Petamburan dinilai Saleh sebagai upaya untuk kebaikan semua pihak.

"Secara khusus, misalnya, di daerah Petamburan itu, itu bukan hanya kebetulannya kepentingannya masyarakat atau juga kepentingan Habib Rizieq sendiri," ucapnya.

Anggota Komisi IX DPR RI yang membidangi kesehatan ini menilai penyemprotan disinfektan di sekitar Petamburan sudah tepat. Tak perlu ada yang dihalangi.

"Karena kalau didisinfektan di situ kan yang aman Habib Rizieq, keluarganya, kemudian jemaahnya yang ikut ngaji di situ. Karena itu, menurut saya, sudah tepat itu dilakukan, nggak perlu dihalangi atau bahkan dicurigai," imbuhnya.

Sebelumnya, polisi kembali melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Petamburan, Jakarta Pusat. Gang menuju rumah Habib Rizieq Syihab yang masih dijaga laskar FPI dilewati.

Pantauan detikcom di Petamburan III, Jakarta Pusat, Senin (23/11), penyemprotan itu dilakukan sekitar pukul 10.10 WIB. Terdapat dua pria berseragam polisi yang membawa mesin disinfektan portabel.

Keduanya menyemprotkan disinfektan mulai Gang Petamburan III di dekat Jalan KS Tubun. Namun, saat tiba di Jalan Paksi, gang yang menuju rumah Habib Rizieq, dilewati.

Di ujung gang, terdapat sejumlah anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) yang berjaga. Mereka berseragam putih. Di belakang laskar FPI, ada sejumlah warga yang turut berjaga. Tidak tampak terjadi diskusi antara petugas dan laskar FPI. Para petugas langsung melewati Jalan Paksi.

Penjelasan FPI soal gang rumah HRS dijaga laskar Ketua Umum PA 212, Slamet Maarif mengatakan tidak ada yang aneh dengan penjagaan itu. Dia menyebut penjagaan oleh laskar itu sudah merupakan standar ketika Habib Rizieq berada di rumah. Penjagaan itu pun sudah terjadi sebelum Habib Rizieq pergi ke Arab Saudi.

"Itu memang standar kekasaran ada yang piket bergilir aja, dah biasa itu," kata Slamet ketika dihubungi, Selasa (24/11/2020).

Terkait adanya giat penyemprotan disinfektan, Slamet mengatakan rumah Habib Rizieq sudah disemprot. Sehingga tidak perlu lagi dilakukan penyemprotan ulang.

"Lah kan rumah Imam Besar dah disemprot jadi nggak perlu disemprot. Rumah warga yang lain juga nggak disemprot kok cuman Jalan Petamburan 3 aja," ujarnya.

Diposting 24-11-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Saleh Pertaonan Daulay

Anggota DPR-RI 2019-2024
Sumatera Utara 2