Berita Anggota Parlemen

Anggota DPR Minta Pemda di Dapil Jateng IX Serius Tangani Covid-19

sumber berita , 01-12-2020

BEBERAPA hari terakhir, kasus covid-19 di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IX yakni Kabupaten/Kota Tegal dan Brebes, mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan, sejumlah rumah sakit di wilayah tersebut dikabarkan sudah penuh. 

Mencermati perkembangan tersebut, anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dewi Aryani mengingatkan seluruh kepala daerah di Dapil Jawa Tengah IX untuk lebih serius menangani covid-19. 

"Antisipasi lonjakan kasus tidak bisa diabaikan. Beberapa langkah tegas harus diberlakukan segera untuk memutus rantai penyebaran covid-19 diantaranya sesegera mungkin menyediakan gedung khusus untuk isolasi komunal bagi pasien tanpa gejala," ujar Dewi melalui keterangan resmi yang diterima mediaindonesia.com, Selasa (1/12). 

Dewi menyayangkan ditutupnya gedung Korpri di Kabupaten Tegal yang semula digunakan untuk isolasi dan digunakan untuk hajatan. 

"Itu harus segera dibuka lagi untuk isolasi bagi OTG mengingat klasster keluarga makin meningkat," pinta dewi.

Dewi menuturkan mereka yang melakukan isolasi mandiri di rumah terbukti tidak cukup efektif karena rumah-rumah warga banyak yang tidak layak sebagai tempat isolasi sehingga penyebaran di lingkungan keluarga justru meningkat. 

"Mereka juga tidak terpantau tenaga kesehatan sehingga kondisinya tidak bisa diprediksi," ucapnya. 

Dewi juga mengingatkan program Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo "Jogo Tonggo" harus secara serius diberlakukan di lingkungan RT. Kampanye menggunakan masker digalakkan lagi. Selain itu, izin menyelenggarakan hajatan supaya dihentikan.

"Imbauan protokol kesehatan tidak harus selalu diberlakukan oleh masyarakat yang menyelenggarakan hajatan," katanya.

Anggota Komisi IX DPR yang membidanggi masalah kesehatan tersebut meminta perusahaan, perkantoran, hingga pabrik yang memiliki karyawan padat karya diwajibkan melakukan rapid test secara berkala untuk karyawannya. 

"Karyawan adalah aset perusahaan maka kondisi kesehatan mereka juga menjadi tanggung jawab perusahaan dan pemda setempat," terangnya. 

Selain itu, menurut DeAr--sapaan Dewi Aryani, mal, restoran, dan tempat keramaian harus dibatasi jam operasionalnya dan satgas covid-19 juga harus melakukan patroli secara rutin di semua wilayah. "Itu sangat penting," pungkas DeAr.

Diposting 01-12-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Dewi Aryani

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Tengah 9