Berita Anggota Parlemen

Viral Baliho Bergambar SBY Jual Nasi Goreng, Andi Arief Mencuit ''Ekonomi Makin Berat. . . ''

Publik akhir pekan ini dikejutkan oleh sebuah foto yang menampilkan mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berjualan nasi goreng.

Adalah politikus Partai Demokrat, Andi Arief penyebabnya. Andi Arief memamerkan foto baliho Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedang membawa nasi goreng.

Di akun Twitter-nya @Andiarief_, baliho tersebut memperlihatkan SBY sedang membantu almarhum sang istri, Ani Yudhoyono sedang membuat nasi goreng. SBY menggunakan batik berwarna merah, senada dengan yang baju yang dipakai Ani Yudhoyono yang sedang membuat nasi goreng.

SBY terlihat menggunakan sweater warna kuning dan sedang memegang nasi goreng. Di sebelahnya ada meja dan kompor yang diduga digunakan untuk membuat nasi goreng. Di postingan Andi Arief itu, ia menuliskan cuitan soal ekonomi sulit. "Ekonomi makin berat, jual nasi goreng jadi opsi." tulis Andi Arief. Belum diketahui apa maksud dari cuitan Andi Arief itu.

Sebelumnya, nasi goreng memang dan SBY memang sudah akrab di telinga dan pernah menjadi alat 'diplomasi' politik saat. Kala itu di tahun 2017, SBY pernah menjamu Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di kediamannya di Puri Cikeas, Gunungputri, Kabupaten Bogor.

Saat itu, SBY menjamu Prabowo dan para tamu dengan sajian nasi goreng.Dikutip dari Warta Kota, Partai Demokrat menyebut pertemuan antara Susilo Bambang Yudhoyono dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai diplomasi nasi goreng, untuk menggambarkan hangatnya pertemuan antara kedua tokoh itu.

Nasi goreng, menurut Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan, adalah makanan yang sangat merakyat dan bisa dinikmati oleh semua kalangan, termasuk SBY dan Prabowo.

Masakan itu juga yang kemudian sengaja dihidangkan dalam pertemuan dua jenderal purnawirawan TNI itu. "Masakan ini merakyat, siapa yang tidak suka nasi goreng? Semua bisa makan nasi goreng dan pertemuan ini kita namakan 'Diplomasi Nasi Goreng'," ungkap Hinca Pandjaitan, Bogor, Kamis (27/7/2017).

Begitu juga dengan penyebutan Pendopo Perjuangan Cikeas, yang dikatakan oleh Hinca menjadi tempat bersejarah bagi pengurus Demokrat.

Berulang kali, keputusan dan diskusi pengurus partai dilakukan di bangunan yang memiliki pajangan "Gunungan Wayang Kulit" berukuran besar itu.

Bukan tanpa sebab, Demokrat menganggap pertemuan dua ketua umum partai itu, cocok apabila jika disiapkan dengan nasi goreng kesukaan SBY yang menjadi tuan rumah.

"Pertemuan ini bukan hanya untuk silaturahmi saja, tetapi juga untuk perjuangan. Jadi pas kalau juga ditempatkan di Pendopo Perjuangan," lanjutnya.

Sesekali tawa renyah dari meja SBY dan Prabowo terdengar ketika keduanya masih menyantap nasi goreng yang dihidangkan oleh tukang gerobak nasi goreng langganan SBY, yang sering mangkal di sekitar Perumahan Puri Cikeas.

Sekira 20 menit, keduanya menyantap makan malam, sebelum akhirnya SBY dan Prabowo yang ditemani oleh Fadli Zon, Ahmad Muzani, serta Hinca Pandjaitan dan Syarif Hasan, melanjutkan obrolan di dalam rumah SBY.

Benarkah SBY Jualan Nasgor ?

Wakil Sekjen Partai Demokrat, Renanda Bachtar menjelaskan kalau foto itu diambil kemarin malam, Sabtu (24/1/2021) di kediaman SBY di Puri Cikeas, tepatnya di Lapangan voli bekas pendopo, Gunungputri, Kabupaten Bogor.

Ia mengatakan, baliho SBY 'jualan' nasi goreng itu hanya untuk seru-seruan saja. "Baliho bertuliskan Nasi Goreng Ala SBY berlatar foto SBY dan Ibu Ani itu dibuat oleh salah satu anggota Dewan Pembina LavAni, kebetulan pengusaha Billboard. Saya kira itu hanya untuk "seru2an" saja. Untuk benar-benar membuat usaha nasi goreng saat ini belum terpikirkan oleh pak SBY," katanya kepada TribunBanten.com.

Saat itu, SBY sendiri yang membuat nasi gorengnya untuk dinikmati para staf, rekan-rekan dari Partai Demokrat dan anggota tim voli bernama LavAni yang diasuhnya.

Selain Renanda, yang hadir pada malam itu untuk mencicipi lezatnya nasi goreng 'ala' SBY ini diantaranya Andi Mallarangeng, Andi Arief, Sartono Hutomo sepupu SBY, Herman Khaeron Kepala BPOKK, Anton Suratto Anggota DPR RI yang juga tetangga depan rumah SBY serta Eka Putra pengurus LavAni.

"Belakangan ini, karena pak SBY banyak waktu luang, pak SBY agak sering membuat nasi goreng kesukaannya ini di Cikeas untuk para staf dan anggota tim Volley LavAni yg diasuhnya," terang Renanda.

Renanda bercerita, SBY memang hobi memasak, dan salah satu makanan favoritnya adalah nasi goreng. Nasi goreng buatan SBY ternyata disukai banyak orang, karena rasanya yang lezat dan racikan bumbunya pas. "Dulu sempat sambil bergurau dengan ibu Ani mau bikin usaha Nasi Goreng Ala SBY, karena banyak orang yang sempat mencicipi dan memuji kelezatan nasi goreng buatan pak SBY," ungkapnya.

Renanda pun beberapa kali melihat langsung SBY memasak nasi goreng dan memang menurutnya rasanya lezat. "Tidak terlalu berminyak, racikan bumbunya gurih dan enak tanpa menggunakan penyedap rasa buatan dan pedasnya juga pas," tukasnya.

 

 

Diposting 25-01-2021.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Sjarifuddin Hassan

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Barat 3

Hinca IP Pandjaitan XIII

Anggota DPR-RI 2019-2024
Sumatera Utara 3

Ahmad Muzani

Anggota DPR-RI 2019-2024
Lampung 1

Sartono

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Timur 7

Anton Sukartono Suratto

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Barat 5