Berita Anggota Parlemen

Bantu UMKM, Ibas Singgung Monkey Business Tanaman Hias

sumber berita , 11-02-2021

Pandemi Covid-19 membuat gerak perekonomian rakyat menjadi terbatas, tak terkecuali para pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM). Merespons hal itu Ketua Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono pun mengajak semua elemen agar situasi ini tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Salah satu upaya yang digagas dan dilakukannya adalah dengan memberikan sejumlah pelatihan kepada pegiat UMKM di daerah pemilihannya, Dapil 7 Jawa Timur. Kali ini soal “Trik Pemasaran Online Tanaman Hias di Magetan”. Acara ini diselenggarakan langsung di Magetan Green Garden, Desa Truneng, Kecamatan Sukomoro. 50 an peserta hadir di acara itu.

Sebelumnya, Ibas telah lebih dulu memberikan pelatihan ke sejumlah pegiat UMKM lain di dapilnya itu mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 ini tanaman hias cukup laris di pasaran.

“Seperti aglonema, aukasia, janda bolong, dan lainnya. Model-model tanaman hias itu bisa jadi bisnis menggiurkan. Kita jangan pernah takut mengambil kesempatan,” ujar Ibas dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com.

Anggota Komisi VI DPR RI ini pun menuturkan, para pegiat UMKM harus memanfaatkan peluang yang ada saat ini dengan sebaik-baiknya. Selain minat pasar yang tinggi, pegiat UMKM di Magetan memiliki nilai lebih dalam hal media tanam.

“Harus dimanfaatkan, karena di Magetan, kondisi tanahnya sangat subur dan cocok untuk pengembangan tanaman hias,” ujarnya.

Akan tetapi, kata Ibas, meski ada nilai lebih, bisnis tanaman hias dibayangi dibayang-bayangi fenomena “Monkey Bisnis” alias tidak menentu. “Karena itu kita harus mencari cara untuk membantah anggapan tersebut dan mempertahankan bisnis ini,” paparnya.

Sementara itu, terkait peluang usaha, Ibas menerangkan bahwa dirinya dan Fraksi Partai Demokrat selalu berusaha agar UMKM tetap berjalan, sekalipun di tengah ketidakpastian akibat pandemi. Oleh karenanya, ia berjanji akan terus memperjuangkan dan memberikan sejumlah bantuan.

“Seperti halnya soal penyaluran KUR (Kredit Usaha Rakyat) terus diberikan. Karenanya, saya juga berharap semua pegiat UMKM di Magetan dan seluruh daerah di Indonesia bisa melewati seluruh krisis ini dan bisa menjadi pengusaha profesional. karena jika UMKM kita bangkit, ekonomi kita pulih dan bangkit,” tuturnya.

Diposting 11-02-2021.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Edhie Baskoro Yudhoyono

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Timur 7