Berita Anggota Parlemen

Anggota DPR Harap Pertemuan Pemimpin ASEAN di Jakarta Beri Harapan Baru Selesaikan Masalah di Myanmar

sumber berita , 25-04-2021

Anggota Komisi I DPR Christina Aryani menilai, pertemuan pemimpin negara ASEAN yang berlangsung di Jakarta pada Sabtu (25/4/2021) akan memberi harapan baru bagi penyelesaian masalah Myanmar. 

Saat ini Myanmar masih dalam keadaan yang tidak stabil pasca-kudeta militer. 

Akibatnya, banyak warga sipil yang menjadi korban. Kondisi tersebut membuat seluruh negara ASEAN menyampaikan keprihatinan dan berharap Myanmar dapat menyelesaikan permasalahan mereka. 

Salah satu bantuan yang diulurkan negara-negara ASEAN adalah dengan melakukan pertemuan dalam rangka membahasnya. 

"Kami mengapresiasi terselenggaranya pertemuan ini dan meyakini lima konsensus yang disepakati ASEAN Leader's Meeting bisa memberi harapan baru bagi penyelesaian masalah Myanmar," ujar Christina melalui keterangan pers, Minggu (25/4/2021). 

Pertemuan para pemimpin ASEAN yang digelar di Kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta, itu menghasilkan lima poin kesepakatan atau konsensus. 

Menurut Christina, poin-poin tersebut menjadi respons seluruh negara ASEAN terhadap krisis politik yang terjadi di Myanmar. 

"Kami juga mendukung agar konsensus yang diambil tersebut bisa segera diimplementasikan sehingga krisis politik di Myanmar dapat segera terselesaikan," kata dia. 

Isi lima konsensus tersebut, pertama bahwa para pihak akan menahan diri dan segera menghentikan penggunaan kekerasan. 

Kedua, akan dimulai dialog konstruktif untuk menemukan solusi damai demi kepentingan rakyat Myanmar.

Ketiga, utusan khusus Ketua ASEAN akan memfasilitasi proses mediasi dengan mendapat asistensi dari Sekretaris Jenderal ASEAN. Keempat, ASEAN akan memberikan asistensi kemanusiaan melalui ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance for Disaster Management (AHA Centre). 

Kelima, utusan khusus ASEAN dan delegasinya akan mengunjungi Myanmar untuk bertemu dengan para pihak. 

Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam unggahan akun Instagram-nya pada Sabtu (24/4/2021) mengatakan, pelaksanaan pertemuan tersebut merupakan undangan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah sebagai Ketua ASEAN. 

"Sebelumnya, Indonesia menginisiasi pertemuan ini untuk membahas dan mencapai kesepakatan serta solusi yang baik bagi rakyat Myanmar," tulis Jokowi dalam keterangan foto yang diunggahnya. Adapun beberapa pemimpin negara ASEAN yang hadir selain Sultan Hassanal Bolkiah adalah Perdana Menteri (PM) Vietnam Pham Minh Chính, PM Kamboja Hun Sen, PM Malaysia Muhyiddin Yassin, dan PM Singapura Lee Hsien Loong. 

Ada pula menteri luar negeri sebagai utusan khusus yakni Teodoro L Locsin Jr dari Filipina, Don Pramudwinai dari Thailand, dan Saleumxay Kommasith dari Laos. 

Ada juga Panglima Militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing. 

"ALM ini diharapkan dapat mencapai kesepakatan untuk membantu Myanmar keluar dari situasi saat ini. 

Para pemimpin atau perwakilan negara-negara ASEAN memiliki tekad yang sama berbagi pandangan demi kepentingan rakyat Myanmar," tutup Jokowi.

Diposting 26-04-2021.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Christina Aryani

Anggota DPR-RI 2019-2024
DKI Jakarta 2