Berita Anggota Parlemen

Peran LPK BSN Sangat Menentukan untuk Pengembangan UMKM

Anggota Komisi VI DPR RI Tommy Kurniawan mengatakan peran Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) Badan Standarisasi Nasional (BSN) semakin besar dengan semakin banyaknya produk lokal (produk UMKM) masuk ke retail-retail modern. Fenomena tersebut menandakan kebangkitan UMKM di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Tommy dalam rapat dengar pendapat Komisi VI DPR RI dengan KPPU, BSN, BP Batam, dan BPKS Sabang di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (8/6/2021). Untuk bisa memenuhi standar retail, LPK BSN diharapkannya dapat mengedukasi penerapan standar produk kepada UMKM-UMKM yang ingin melebarkan bisnisnya masuk retail di Indonesia.

“Bagaimana BSN menerapkan bimbingan teknisnya kepada LPK binaan BSN terutama yang berada di daerah-daerah. Jadi, sekarang ini akibat daripada pandemi, banyak hasil olahan pangan lokal atau UMKM lokal itu yang bisa masuk dijual di gerai pasar retail modern. Jadi, edukasi menjadi penting,” ujar Politisi PKB tersebut.

Tommy menuturkan, kebangkitan pengembangan UMKM seperti ini perlu mendapat dukungan yang serius dari kementerian dan lembaga. Ia pun meminta edukasi yang diberikan nantinya dapat memberikan pemahaman kepada UMKM terkait branding yang perlu mereka lakukan, yang pada intinya untuk membuat produk mereka laku di pasaran.

“Ini kan artinya kalau sudah masuk ke retail modern itukan tentu secara produk perlu distandardkan kualitasnya. Nah ini peran LPK saya kira cukup besar dalam hal ini. Perlu penerapan standar kesesuaian agar produk sperti itu bisa laku dan juga sesuai dengan standar pasar retail modern,” tukas Wakil Rakyat dapil Jawa Barat V ini.

Diposting 09-06-2021.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Tommy Kurniawan

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Barat 5