Berita Anggota Parlemen

Pimpinan Komisi IX DPR Nilai Pemda Belum Seirama dengan Pemerintah Pusat soal Penanganan Covid-19

sumber berita , 07-08-2021

Wakil Ketua Komisi IX DPR Melkiades Laka Lena menilai masih banyak daerah yang belum melaksanakan kebijakan penanganan Covid-19 seperti yang diinstruksikan pemerintah pusat. 

"Memang intinya saya lihat ini mereka tidak semua benar-benar bisa bekerja seperti yang sudah digariskan dari Jakarta," kata Melki dalam acara diskusi yang ditayangkan akun YouTube ILUNI UI, Sabtu (7/8/2021). 

Padahal, kata Melki, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sudah berkali-kali mendorong agar pemerintah daerah mengikuti arahan pemerintah pusat. 

Politikus Partai Golkar itu mengatakan, pemerintah daerah dari tingkat provinsi hingga kelurahan/desa, bahkan RT dan RW semestinya seirama dengan garis kebijakan dari pemerintah pusat. 

Di samping itu, Melki juga mengingatkan agar pemerintah di setiap jenjang betul-betul mengalokasikan energi mereka dengan benar, tepat, dan terukur. 

Melki mencontohkan, masih banyak pemerintah daerah yang hingga kini belum mencairkan insentif tenaga kesehatan yang berjuang di garda terdepan menghadapi Covid-19. 

"Insentif nakes saja mereka belum bayar, orang sudah berdarah-darah urus Covid dari awal, ada yang sebenarnya belum bayar sama sekali," kata dia. 

Menurut Melki, permasalahan-permasalahan di atas menjadi perhatian khusus bagi Komisi IX DPR dalam upaya penanganan Covid-19 di Indonesia.

Diposting 09-08-2021.

Dia dalam berita ini...

Emanuel Melkiades Laka Lena

Anggota DPR-RI 2019-2024
Nusa Tenggara Timur 2