Berita Anggota Parlemen

Anggota DPR Harap Peningkatan Anggaran Lemhannas dan Wantannas

sumber berita , 02-09-2021

Anggota Komisi I Jazuli Juwaini berharap anggaran untuk Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) dan Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) dapat dinaikkan. Menurutnya dua lembaga negara tersebut memiliki tanggung jawab kerja yang berat sehingga perlu untuk anggaran yang lebih mumpuni

"Kerja-kerja ketahanan Republik Indonesia dengan sejumlah persoalannya, bagaimana bisa selesaikan kerja kerja yang berat itu dengan anggaran yang tidak mumpuni seperti ini. Saya usul Pak Ketua, Menteri Keuangan bersama Bappenas undang lagi ke sini," ujarnya saat Rapat Dengar Pendapat Komisi I DPR RI dengan Gubernur Lemhannas dan Sesjen Wantannas di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (2/9/2021).

Jazuli menambahkan, kerja-kerja baik Lemhannas maupun Wantannas yang berkaitan dengan ketahanan negara perlu didukung dengan dukungan anggaran yang memadai. "Supaya mereka tidak hanya sekedar ada istilah itu hidup segan mati tak mau, namanya gagah tapi anggaran tidak ada," tambah politisi fraksi PKS ini.

Selain itu, Jazuli juga berharap kedua lembaga tersebut ke depannya dapat membuat program yang tidak hanya mengidentifikasi tantangan-tantangan dalam hal ketahanan nasional, namun juga mengidentifikasi karakter dari tantangan tersebut sehingga nantinya dapat dijawab dan diselesaikan.

Menurutnya, di era digital saat ini meski memiliki sisi positif yakni adanya percepatan komunikasi dan akses terhadap teknologi, namun di sisi lain dunia digital yang mengikis batasan-batasan geografi juga mengikis batasan-batasan identitas kebangsaan yang dimiliki utamanya pada generasi milenial.

"Mungkin cara mengatasi dan menyajikan program ketahanan nasional 10 tahun yang lalu, 15 tahun yang lalu itu berbeda dengan beberapa tahun yang akan datang karena publiknya sudah berbeda, masyarakatnya sudah berbeda generasinya sudah berbeda, saya kira ini tantangan yg harus dijawab dalam waktu yang sama," ungkap legislator dapil Banten II tersebut. 

Diposting 03-09-2021.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Jazuli Juwaini

Anggota DPR-RI 2019-2024
Banten 2