Berita Anggota Parlemen

Zulhas Cerita Komunikasi Terakhirnya dengan Sudi Silalahi

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menceritakan komunikasi terakhirnya dengan almarhum mantan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi. 

Zulhas bercerita, sekira 10 hari lalu ia sempat saling berkirim pesan melalui aplikasi WhatsApp (WA) dengan mantan orang kepercayaan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. 

"Kepergian Pak Sudi ini bagi saya seolah tiba-tiba, tanpa kabar sakit sebelumnya. Baru sekitar 10 hari lalu saat saya masih di Amerika Serikat, kami saling berkirim WA. Beliau mengirimkan foto-foto saya bersama Imam Shamsi Ali yang saya temui di New York, rupanya Pak Sudi mendapatkan foto itu dari Facebook," kata Zulhas dalam keterangannya, Selasa (26/10/2021). 

Berawal dari situ, Zulhas dan Sudi Silalahi saling berkomunikasi kembali dan mengungkapkan kekangenan satu sama lain.  Untuk diketahui, Zulhas juga pernah menjabat sebagai Menteri Kehutanan di era Presiden SBY. 

"Kami pun mengobrol, saling mengungkapkan kekangenan. 'Kapan kita ketemu dan ngopi-ngopi, Pak?' Ajak saya. Pak Sudi pun mengiyakan dan kami berjanji untuk mencari waktu bersama. Di WA itu banyak yang kami diskusikan, Pak Sudi punya concern yang besar tentang situasi terkini bangsa dan negara," ujar Zulhas. 

Zulhas melanjutkan, sekitar satu minggu yang lalu, Sudi Silalahi masih mengirim pesan WhatsApp, bercerita bahwa pohon yang pernah Zulhas berikan kepadanya sudah tumbuh besar. 

"'Pohon yang waktu itu, sekarang sudah gede-gede, Pak Zul,' ceritanya. Waktu saya masih menjabat Menhut, saya ingat memberi beberapa bibit pohon untuk Pak Sudi," kata Wakil Ketua MPR RI itu. 

Zulhas mengatakan, pada Selasa subuh ini ia kembali menerima pesan WhatsApp tentang Sudi, tapi tidak langsung darinya. Kerabat dan kolega mengabarkan bahwa Sudi wafat, dan Zulhas terkejut sekaligus sangat kehilangan. 

"Saya berdoa dari hati terdalam semoga beliau wafat dalam keadaan husnul khotimah. Saya bersaksi beliau orang yang baik," ujar Zulhas. 

"Allahummaggirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu ‘anhu. Selamat jalan Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi. Belasungkawa saya sampaikan kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga diberikan ketabahan dan kesabaran," pungkas Zulhas.

 

 

Diposting 26-10-2021.

Dia dalam berita ini...

Zulkifli Hasan

Anggota DPR-RI 2019-2024
Lampung 1