Berita Anggota Parlemen

Komisi IV Soroti Dampak Pembangunan IKN Terhadap Lingkungan

Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi IV DPR RI berupaya memperoleh gambaran mengenai fungsi kawasan hutan yang akan dilepaskan menjadi bukan kawasan hutan, untuk mendukung Program Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) dalam pertemuan dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA), di Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Selain itu, Komisi IV DPR RI ingin mengetahui pandangan umum Kajian Lingkungan Hidup Strategis atas pembangunan IKN di Kaltim. "Pembangunan IKN di Kabupaten Paser Penajam Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tentu menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Kalimantan Timur," terang Wakil Ketua Komisi IV DPR RI G. Budisatrio Djiwandono di Kukar, Kaltim, Minggu (19/12/2021). 

Meski demikian, politisi Partai Gerindra itu tidak dapat dipungkiri bahwa pembangunan IKN di Pulau Kalimantan yang memiliki sejumlah besar lahan gambut yang mudah terbakar, dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko kebakaran hutan dan menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan secara signifikan.

Apalagi, lanjut Budi, lokasi IKN baru, yaitu PPU dan Kukar letaknya tidak jauh dari Danau Mahakam dan terdapat habitat bagi beberapa spesies langka dan dilindungi, antara lain orang utan dan lumba-lumba/pesut serta spesies langka lainnya, yang dikhawatirkan akan memberikan dampak bagi keanekaragaman hayati.

"Untuk itu kami menyerap aspirasi, dukungan seperti apa yang diharapkan oleh pemangku kepentingan di daerah," sebut legislator dapil Kaltim tersebut. Dengan informasi dari pemangku kepentingan, diharapkan Kunjungan Kerja Reses Komisi IV DPR RI ini dapat memberikan hasil berupa rekomendasi terbaik untuk dapat ditindaklanjuti oleh mitra kerja terkait beserta instansi berwenang lainnya.

Diposting 21-12-2021.

Dia dalam berita ini...

G. Budisatrio Djiwandono

Anggota DPR-RI 2019-2024
Kalimantan Timur