Berita Anggota Parlemen

Pansus IKN Kunjungi Kota Mandiri BSD City dan Alam Sutera

Tim Panitia Khusus RUU Ibu Kota Negara (IKN) DPR RI  yang dipimpin Ketua Pansus IKN Ahmad Doli Kurnia Tandjung bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa  melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Mandiri BSD City dan Alam Sutera, Minggu (16/1/2022) sebagai bagian dari pembahasan RUU IKN.

Disampaikan Doli, IKN baru yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur memiliki konsep smart city, sustainable city dan green city. Menurutnya, langkah meninjau BSD dan  Alam Sutera dilakukan karena dua daerah itu dikategorikan memenuhi konsep terkait IKN baru.

“Tujuan kunjungan ini untuk memahami perencanaan pembangunan kawasan BSD City dan Alam Sutera. Hal-hal yang dipelajari meliputi inovasi, pengelolaan, konsep berkelanjutan atau sustainability, hingga sistem keamanan kawasan," kata Doli usai memimpin kunjungan lapangan Pansus IKN bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas.

Informasi dan data yang dihimpun dalam tinjauan lapangan tersebut,  lanjut Doli, akan digunakan sebagai salah satu masukan penting untuk perencanaan pembangunan IKN. “Peninjauan ini penting dilakukan karena kita akan bahas soal master plan IKN baru. Adapun konsep pembangunan disini 70 persen itu green city, konsep ini kan sesuai dengan pengebagan kawasan di IKN baru yang mempertahankan kelestarian lingkungan," jelasnya.

Adapun beberapa lokasi yang ditinjau Pansus IKN ialah, The Lloyd Alam Sutera untuk melihat percontohan low-rise apartment, hingga meninjau panic button, sistem keamanan yang terhubung dengan command center untuk memberi respons cepat pada pelaporan masyarakat. Setelah itu dilanjutkan ke Green Office Park 9 dan The Breeze untuk meninjau inovasi mall without wall dengan memanfaatkan sistem ventilasi yang meminimalisasi penggunaan pendingin ruangan dan lampu.

Diposting 17-01-2022.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Ahmad Doli Kurnia Tandjung

Anggota DPR-RI 2019-2024
Sumatera Utara 3