Berita Anggota Parlemen

Serahkan Bantuan PIP Hingga BLT UMKM, Puan Disambut Hangat Warga Morotai

KETUA DPR RI Puan Maharani menyerahkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP), bibit, hingga bantuan langsung tunai (BLT) UMKM kepada warga Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. 

Penyerahan bantuan dilakukan di SDN 1 Unggulan Daruba, Morotai Selatan, Selasa (8/2/2022). Kehadiran Puan disambut hangat oleh para siswa dan warga yang hadir.

Ada 3.732 siswa di Morotai yang mendapatkan PIP per tahun anggaran 2021, yang terdiri dari 2.098 siswa SD (masing-masing Rp225 ribu), 1.024 siswa SMP (Rp375 ribu), 265 siswa (Rp500 ribu), dan 345 siswa (Rp500 ribu). 

Dalam acara ini, Puan secara simbolis menyerahkan bantuan kepada 276 siswa. Ia juga sempat mengecek buku rekening para siswa untuk memastikan dana PIP sudah masuk. 

“Gunakan untuk keperluan sekolah ya,” pesan Puan kepada para siswa. 

Pada kesempatan tersebut, Puan sekaligus memberikan bantuan laptop untuk 986 siswa Morotai. Ia juga tampak mengecek laptop untuk memastikan telah siap fungsi digunakan para siswa. 

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR ini tampak berdialog dengan para siswa. Puan juga menanyakan apakah siswa mendapat akses wifi, hingga mengenai pembelajaran tatap muka (PTM) yang sudah berjalan 100% di Morotai. 

“Wah, kalian beruntung sudah PTM. Tetap hati-hati, patuhi protokol kesehatan. Sudah vaksin semua kan?” tanya Puan. 

“Sudah bu, sudah 2 kali,” jawab siswa serentak.

Perwakilan sekolah pun menyampaikan rasa terima kasih kepada Puan. “Terima kasih kepada DPR yang telah memperjuangkan siswa-siswa Morotai menerima bantuan PIP,” ungkap Kepala Sekolah SDN 1 Unggulan Daruba, Didik Wahyudi. 

Setelahnya, Puan menyerahkan bantuan 5.000 bibit pala yang diberikan melalui 5 kelompok tani. Ia juga menyerahkan bantuan BLT UMKM dengan total dana senilai Rp486 juta yang diperuntukkan bagi 156 pelaku UMKM di Morotai. 

“Bantuan dananya dipakai untuk UMKM apa?” tanya Puan kepada salah satu pelaku UMKM bernama Yunus Mugawe.

Yunus mengungkap dana bantuan akan digunakan untuk kembali menggeliatkan usaha furniturnya yang biasa ia kirimkan ke luar Pulau Morotai. Sebab sejak pandemi Covid-19 melanda, usahanya menjadi lesu. 

“Menurun, bu. Makanya kami terima kasih sekali ada bantuan ini,” ungkap Yunus. 

Usai menyerahkan bantuan, Puan lantas menandatangani prasasti PAUD. Ia juga meninjau vaksinasi sambil membagi-bagikan paket tas sekolah untuk anak-anak yang hari ini divaksin. 

Cucu Proklamator RI Bung Karno tersebut sempat menanyakan kendala vaksinasi kepada petugas kesehatan. Puan mendapat informasi, awalnya masyarakat Morotai agak sulit untuk divaksin. Namun karena edukasi dan sosialisasi terus digalakkan, warga salah satu pulau terdepan di Indonesia itu mulai ramai-ramai mengikuti program vaksinasi. 

“Ibu/Bapak, pulang dari sini jangan lupa ajak saudara, teman, tetangganya yang belum divaksin untuk cepat segera divaksin. Termasuk juga mengajak anak-anaknya yang belum vaksin agar divaksin,” tutur mantan Menko PMK itu kepada orangtua siswa yang mendampingi anak-anaknya. 

“Karena vaksin sudah dipastikan halal, aman, dan bermanfaat. Vaksinasi akan menjaga kita dari bahayanya Covid-19,” sambung Puan. 

Puan pun mengucapkan terima kasih kepada para petugas kesehatan, pemerintah daerah, dan semua pihak yang berperan dalam percepatan program vaksinasi di Morotai. Di akhir acara, ia berfoto bersama dengan para siswa dan warga.

Diposting 09-02-2022.

Dia dalam berita ini...

Puan Maharani

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Tengah 5