Berita Anggota Parlemen

Ketua Komisi II DPR Dukung Sistem Digital dan Smart City IKN Nusantara

sumber berita , 22-06-2022

KETUA Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan pemindahan ibu kota negara merupakan momentum untuk mempercepat pemerataan pembangunan di Indonesia. 

“Pemindahan ibu kota negara ini adalah momentum atau titik mulai untuk mempercepat pertumbuhan pemerataan pembangunan Indonesia,” ujar Doli sapaan Ahmad Doli Kurnia Tandjung saat menjadi pembicara di Seminar Nasional MN KAHMI tentang Pembangunan Smart City di IKN dan Daerah Penyangga dalam Mendukung Kualitas Peningkatan Pelayanan Publik di Jakarta, Selasa (21/6).

Pemindahan ibu kota negara, kata Doli, dari DKI Jakarta menuju IKN Nusantara merupakan wujud visi dan misi Indonesia agar tidak hanya memiliki satu pusat pertumbuhan, tetapi juga mempunyai pusat-pusat lain di beberapa daerah lainnya. 

“Jadi, Indonesia tidak hanya punya satu magnet, hanya punya satu pusat pertumbuhan, tapi juga ingin membangun negara dengan banyak strategi berupa pusat-pusat pertumbuhan. Apalagi Indonesia negara yang cukup luas, jadi memang harus ada visi untuk mempercepat pemerataan pembangunan,” jelasnya. 

Doli mencontohkan, pemerataan ini berkaca pada yang terjadi di Amerika yang hampir seluruh wilayahnya dikenal di dunia Internasional. Dengan perpindahan Ibukota, diharapkan nantinya Indonesia tidak  dikenal dunia luar hanya Jakarta dan Bali. 

"Kita berharap ke depannya dunia Internasional juga mengenal Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan, Jawa Barat. Dunia internasional akan mengenal wilayah-wilayah di atas sebagai bagian tak terpisahkan dari Indonesia," ujar politikus Partai Golkar ini. 

Untuk itu, program pemerataan pembangunan yang dicanangkan pemerintah Jokowi ini harus didukung banyak pihak. 

Doli yang juga menjabat sebagai Kordinator Presidium (Korpres) Majelis Nasional (MN) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam mengatakan, KAHMI mendukung kebijakan pemerataan pembangunan ini.

"Namun, perpindahan ibu kota ini tidak bisa dilakukan secara sekejap. Harus dilakukan secara perlahan dan bertahap," ujar Doli. 

Seminar ini merupakan rangkaian acara Pra Rapat Pimpinan Munas (Rapimnas) IV KAHMI. Turun hadir dalam seminar Vice Presiden (VP) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Abdul Rohim dan Tribe Leader Smart Village And Community (Smart City), Wahyudi. 

Sementara itu, Wahyudi yang mewakil Dirut Telkom Ririek Adiansyah mengatakan akan memberikan support teknis terkait pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) itu.

Digitalisasi sistem di IKN Nusantara akan disiapkan secara maksimal. "Ini era digital, kami (Telkom) akan siapkan itu di Ibu kota baru kita," kata Wahyudi. 

Menurutnya, sistem pelayanan berbasis digital akan dikembangkan di IKN Nusantara. Pelayanan berbasis digital itu nanti akan mengurangi pertemuan fisik dalam pelayanan. 

"Dengan sistem digitalisasi ini diharapkan pelayanan bisa lebih efektif, efisien dan produktif," ujar Wahyudi. 

Begitu pula dengan Abdul Rohim yang menyatakan PLN sebagai perusahaan pelat merah akan mendukung maksimal dalam infrastruktur kelistrikan. 

Hal ini dilakukan agar ibu kota baru di Kaltim bener benar bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada warganya.

Diposting 23-06-2022.

Dia dalam berita ini...

Ahmad Doli Kurnia Tandjung

Anggota DPR-RI 2019-2024
Sumatera Utara 3