Berita Anggota Parlemen

Pembahasan RUU DOB Diperkirakan akan Alot

WAKIL Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua yang akan dibahas hari ini berpotensi menimbulkan dinamika cukup tinggi. Sebab DPR menerima daftar inventaris masalah (DIM) juga semua aspirasi masyarakat Papua yang pro dan kontra. 

"Kami melihat memang DIM yang dikirim itu berpotensi menimbulkan dinamika yang cukup tinggi karena DPR juga menerima aspirasi dari masyarakat yang pro dan yang kontra. Namun apapun itu kita akan bahas dan kita akan membuat sebuah undang-undang yang tentunya disempurnakan untuk semua," ujar Sufmi dalam keterangan pers, Selasa (21/6). 

Dia menekankan pembahasan RUU DOB harus hati-hati dan cermat. Dengan begitu, Ia menegaskan pimpinan DPR tidak memaksakan RUU tersebut untuk segera dirampungkan. 

"Kita lihat perkembangannya. Kami tidak akan memaksakan juga itu harus cepat selesai tapi kalau kemudian dalam pembahasan itu bisa berjalan lancar ya artinya bisa cepat selesai," ujarnya. 

Sesuai agenda Selasa, (21/6) Komisi II DPR akan menggelar rapat kerja tingkat bersama Menteri Keuangan, Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, DPD dan Kemenkumham. Rapat tersebut akan menbahas penjelasan/keterangan DPR tentang RUU pembentukan Provinsi Papua Selatan, pembentukan Provinsi Papua Tengah dan pembentukan Provinsi Papua Pegunungan Tengah serta penyerahan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) dan pembentukan panja.

Diposting 23-06-2022.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Sufmi Dasco Ahmad

Anggota DPR-RI 2019-2024
Banten 3